Minggu, 18 Agustus 2019 |
Nasional

Kemenkeu Berikan Ribuan Beasiswa bagi Pelajar RI

Minggu, 10 Mei 2015 06:48:29 wib

JAMBIDAILY INTERNASIONAL-Bagi Anda yang ingin menuntut ilmu ke Benua Eropa, kini Kementerian Keuangan bisa memfasilitasi melalui program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Total terdapat 3.100 beasiswa yang diberikan dan dibagi ke delam empat program.

Untuk mengenalkan program LPDP, Kemenkeu ikut berpartisipasi dalam pameran yang diselenggarakan Uni Eropa pada Sabtu, 9 Mei 2015 di Hotel Grand Sahid Jaya, kawasan Sudirman, Jakarta Selatan. Pejabat bagian komunikasi pemasaran LPDP Kemenkeu RI, M. Iqbal Pirzada, mengatakan pameran itu bertajuk "EU-Indonesia Scholarships Info Day".

Program yang diberikan berupa beasiswa untuk thesis dan disertasi, spesialis dokter, afirmasi dan program beasiswa Indonesian Presidential Scholarship.

"Dalam program beasiswa ini, akan diperuntukkan di 280 universitas terkemuka di dalam dan luar negeri," kata Iqbal.

Kebanyakan peminat yang datang ke pameran, Iqbal melanjutkan, karena ingin melanjutkan studi S2 dan S3. Kemudian, prioritas informasi yang ingin diketahui yaitu mengenai kapan pendaftaran akan dibuka dan teknis pendaftaran.

Dana untuk 3.100 penerima beasiswa itu menyesuaikan dengan lamanya studi mereka. Dana itu diambil dari dana abadi Kemenkeu yang sifatnya Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta non APBN.

"Namun, lebih banyak dananya diambil dari yang APBN," ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Iqbal menjelaskan, salah satu alasan mengapa LPDP turut hadir dalam pameran pendidikan UE, karena ini merupakan bentuk kerja sama yang nyata dalam bidang pendidikan.

Dari data yang diberikan Wakil Duta Besar UE untuk kawasan ASEAN, Timor Leste dan Brunei Darussalam Collin Crooks kepada VIVA.co.id, Eropa merupakan tujuan populer bagi pelajar-pelajar Indonesia yang ingin menerukan pendidikan ke luar negeri.

"Sekitar 4.000 pelajar Indonesia yang berangkat ke Eropa menempuh pendidikan sarjana dan pasca sarjana pada 2013, meningkat sebesar 2 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya," kata Crooks.

Kini, total 7.000 mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Benua Eropa. EU-Indonesia Scholarships Info Day di Jakarta diprediksi dihadiri 4.000 peserta yang telah mendaftar secara online. (Viva.co.id)

KOMENTAR DISQUS :

Top