Senin, 17 Juni 2019 |
Nasional

Kepala Bakamla Lakukan High Level Bilateral Cooperation Meeting dengan Komandan Turkish Coast Guard

Jumat, 03 Mei 2019 19:48:47 wib

JAMBIDAILY ISTAMBUL - Termasuk dalam rangkaian kunjungan Kepala Bakamla Laksdya Bakamla A. Taufiq R. ke Turkish Coast Guard, dilakukan juga High Level Bilateral Cooperation Meeting dengan Komandan Turkish Coast Guard Rear Admiral (LH) Ahmet Kendir, di Turkish Coast Guard Special Forces Facility, kemarin (1/4/2019).

Pertemuan pimpinan tertinggi instansi coast guard kedua negara tersebut, membahas isu-isu esensial dan rencana kerja sama strategis yang dapat dilakukan di masa mendatang. 

Beberapa kesepakatan yang dihasilkan dari pertemuan ini antara lain kedua instansi berkomitmen untuk terus melanjutkan program peningktan kapasitas personel dalam forum Heads Of Asian Coast Guard Agencies Meeting (HACGAM).

Lebih lanjut, kedua instansi sepakat untuk melakukan penjajakan dalam pelaksanaan Coast Guard to Coast Guard Talk di tahun 2020, mulai dari High Level Meeting sampai dengan Working Level Meeting, dan dilaksanakan secara resiprokal antar kedua negara.

Selain itu, Turkish Coast Guard menawarkan untuk melakukan kerja sama di bidang peningkatan kapasitas personel dalam bentuk pelatihan dan pendidikan bagi personel Bakamla untuk meningkatkan profesionalisme sebagai coast guard.

Pembahasan diakhiri dengan undangan kepada Turkish Coast Guard untuk hadir pada acara Maritime Security Desktop Exercise (MSDE) yang akan dilaksanakan pada bulan Juni 2019 di Indonesia.

Pelaksanaan High Level Meeting ini juga semakin menandakan pengakuan dunia internasional terhadap Bakamla sebagai Counterpart fungsi Coast Guard di dunia seperti yang telah tertuang dalam Perpres No. 178 Th 2014. Selanjutnya kegiatan ini ditutup dengan penandatanganan Record of Discussion oleh Laksdya Taufiq dan RADM Ahmet Kendir.

Pejabat Bakamla yang turut serta dalam kegiatan ini antara lain Direktur Latihan Laksma Bakamla Yeheskiel Katiandagho S.E.,M.M., Plh. Direktur Kerjasama Kolonel Bakamla Salim, Kasubbag TU Kepala Letkol Bakamla Ridwansyah dan Staf Pribadi Kepala Mayor Bakamla Lisa Yunistyanti. (Puspen TNI)

KOMENTAR DISQUS :

Top