Jumat, 21 September 2018 |
Ekonomi

Kerjasama Proyek Energi Solar berkapasitas 7,35 MWp antara SUN dan BDMU, Diharapkan Profit untuk 5000 Pelanggan di Sumatera

Jumat, 14 September 2018 15:01:20 wib

JAMBIDAILY EKONOMI - Hari ini (Jum'at,14/09/2018) PT. Surya Utama Nuansa (PT. SUN) dan PT. Bungo Dani Mandiri Utama (PT. BDMU) telah bersama-sama menandatangani kontrak kerjasama berjangka waktu selama 25 tahun kedepan, mentargetkan sebanyak 5.000 pelanggan di Sumatera dengan kapasitas proyek hingga 7,35 MWp yang disaksikan oleh H. Safrudin Dwi Apriyanto S.pd selaku Wakil Bupati KabupatenBungo,dan dilakukan antara Firdaus Abdullah selaku Direktur Utama PT. BDMU bersama Ryan Putera Pratama Manafe selaku CEO PT. SUN.

Proyek ini akan beroperasi pada tahun 2019 dan akan menyalurkan tenaga listrik di daerah terpencil terutama di beberapa Kabupaten seperti Tebo, Kerenci, Musi Banyuasin dan Solok. Saat ini beberapa daerah tersebut berada di luar jaringan pembangkit listrik dan penduduk setempat pada umumnya menggunakan generator diesel yang menghabiskan biaya operasional cukup tinggi serta tidak ramah lingkungan. Dengan kapasitas sebesar 7,35 MWp, menjadikan proyek ini sebagai salah satu proyek sistem off-grid terbesar di daerah terpencil di Indonesia.

Dengan solusi energi tenaga surya dari SUN, penduduk setempat akan mendapatkan fasilitas listrik yang stabil, terjangkau dan ramah lingkungan selama beberapa dekade kedepan. Untukpenduduk yang menggunakan diesel generator dapat menghemat 30-50% dengan menggunakan energi terbarukan (solar PV). 
Penandatanganan kontrak kerjasama dihadiri oleh H. Ridwan Is. Selaku Sekretariat Daerah Kabupaten Bungo; Anwar Hamzah SH selaku Komisaris PT. BDMU; dan Verry Kristianto selaku Kepala Teknik PT. SUN.

"Kami ingin menyampaikan apresiasi kepada pihak PT. BDMU untuk menyediakan kelistrikan kepadamasyarakat. Kami akan terus mengidentifikasi daerah-daerah terpencil di Bungo yang tidak mendapatkan listrik. Untuk saat ini kami akan berfokus untuk daerah Tebo dan Kerinci. Saya yakin, dengan adanya dukungan beserta komitmen dan kerja keras BDMU, target dapat bisa diwujudkan menjadi sebuah kenyataan di awal tahun 2019," ujar Bapak H. Safrudin Dwi Apriyanto S.pd selaku Wakil Bupati Kabupaten Bungo.

Lebih lanjut, CEO PT SUN, Ryan Putera Pratama Manafe menyatakan bahwa, “Sampai saat ini terdapat 5.000.000 keluarga di Indonesia yang belum tersalurkan listrik. Dan hari ini kami akan menolong seperseribu-nya untuk dialiri listrik. Undang-Undang mengatakan bahwa seluruh area di Indonesia yang belum tersalurkan listrik oleh PLN dapat dibantu dan tidak dibatasi oleh BUMD di daerah tersebut. Saya mengucapkan terima kasih yang sangat besar untuk Bapak H. Safrudin Dwi Apriyanto S.pd selaku Wakil Bupati Kabupaten Bungo, Bapak Firdaus Abdullah selaku Direktur Utama PT. BDMU, dan Bapak Anwar Hamzah SH selaku Komisaris PT. BDMU serta seluruh jajaran Pemda Kabupaten Bungo atas dukungannya untuk dapat menuntaskan proyekini sesuai yang direncanakan. Kamipun sudah melakukan kerjasama dengan pihak organisasi nasional maupun International seperti dari Belanda dan Jerman, untuk mengembangkan komunitas di wilayah Bungo. Di awal tahun depan, solusi kelistrikan ini akan direplikasi kembali di wilayah lainnya, yaitu Sumba. SUN sangat menantikan kerjasama berjangka panjang dengan PT. BDMU untuk dapat memberikan bantuan kelistrikan di seluruh wilayah Indonesia.”

-----------------------------------------------
PT Bungo Dani Mandiri Utama (BDMU) adalah Badan Usaha Milik Daerah Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi yang didirikan berdasarkan Peraturan Kabupaten Bungo Nomor 3 Tahun 2001 Tanggal 18 Agustus 2001. Kebijakan Pemerintah Kabupaten Bungo mendirikan BUMD PT. Bungo Dani Mandiri Utama bertujuan untuk : a) membantu dan mendorong pertumbuhan perekonomian dan pembangunan daerah, b) mengelola kekayaan daerah agar berhasil guna dalam investasi jangka menengah dan jangka panjang, c) menciptakan lapangan kerja. Dengan lokasi strategis dan sumber daya yang dimiliki yang berpijak pada 3 (tiga) bidang usaha yaitu perkebunan karet dan kelapa sawit dan pertambangan khususnya batu bara diharapkan mampu mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

PT Surya Utama Nuansa (SUN) adalah perusahaan teknologi energi terbarukan terkemuka di Indonesia dengan fokus pada energi matahari. SUN menyediakan solusi energi terbarukan terbaik dengan harga kompetitif. Solusi khusus end-to-end mencakup berbaga iskalautilitas, Business Solution, dan perumahan. Salah satu proyek SUN yaitu untuk pemasangan Pompa Air Tenaga Surya terbesar di Indonesia tanpa penyimpanan baterai dengan kapasitas 39,9 kWp di Sungai Buaya Lampung. Sistem PV Solar 80 kWp di rooftop perusahaan pertambangan batu bara terbesar di Berau, dan 50 Lampu Jalan Umum (PJU) untuk kelistrikan di Kalimantan.

 

Sumber: Rilis PT SUN

KOMENTAR DISQUS :

Top