Sabtu, 20 Oktober 2018 |
Politik

Kesbangpol Linmas Batanghari: Banyak Ormas Tak Perpanjang SKT

Jumat, 01 April 2016 19:48:38 wib
Ilustrasi (google.co.id)

JAMBIDAILY POLITIK-Dari 168 Ormas, LSM dan OKP di Kabupaten Batanghari, hingga akhir Maret 2016,  hanya 83 yang terdaftar dan memiliki Surat Keterangan Terdaftar (SKT).

"Dari  168 Ormas, OKP, LSM yang terdaftar, sampai akhir maret 2016 yang masih berlaku Surat Keterangan Terdaftarnya(SKT) hanya 83,"papar Kepala Kantor Kesbangpol Linmas Kabupaten Batanghari, Baidawi melalui Kasi Hubungan Antar Lembaga dan Kesbang, Emzeq, SE kepada jambidaily.com, 1 April 2016.

Menurut Emzeq, proses pengurusan SKT bagi ormas maupun LSM cukup mudah. Caranya, organisasi yang bersangkutan cukup melengkapi akta notaris pendirian organisasi, surat domisili dari kelurahan, kartu tanda penduduk, susunan kepengurusan, dan program kerja.

"Kita menghimbau kepada Ormas, OKP dan LSM yang ada untuk terus memperbaharui jika SKT-nya sudah tidak berlaku lagi."himbaunya.

Kehadiran ormas sebenarnya memiliki dampak positif, sebagai pemberdayaan masyarakat. Namun, pembentukan ormas harus dibarengi komitmen yang kuat dari anggota dan pengurusnya.

"Saat pindah alamat kantor maupun pergantian pengurus, mereka juga tidak melaporkan. Rendahnya inisiatif dari ormas ataupun LSM dalam mengurus SKT tentu menyulitkan kami dalam melakukan pendataan,"contohnya.

Padahal, koordinasi dan legalitas dari Pemkab menjadi salah satu syarat penting untuk kelangsungan ormas itu sendiri, misalnya, untuk mengajukan dana ke pemerintah pusat harus dilengkapi dengan SKT yang dikeluarkan oleh Bakesbangpolinmas.

"Yang jelas kalau tidak terdaftar atau SKTnya yang sudah mati, tidak mendapat fasilitas dari pemerintah. Ada semacam rekomendasi dari kesbangpol bagi setiap instansi. Dan kita juga sudah mengirim kepada SKPD data tentang hal tersebut,"pungkasnya.(jambidaily.com/RED)

KOMENTAR DISQUS :

Top