Sabtu, 24 Agustus 2019 |
Pendidikan & Teknologi

Ketua PWI Pusat serta SKK Migas-PetroChina Serahterimakan Kartu dan Sertifikat UKW di Jambi

Jumat, 28 Juni 2019 14:46:15 wib

JAMBIDAILY PENDIDIKAN - Setelah dilaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan Ke-V oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang bekerjasa dengan SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd, 9-10 November 2019 yang lalu. Kamis (27/06/2019) dilakukan penyerahan secara langsung kepada peserta yang telah dinyatakan Kompeten, di sekretariat PWI Provinsi Jambi, Jalan Jakarta Ujung Kotabaru, Kota Jambi.

Pada Moment tersebut, Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Sumbagsel, Adiyanto Agus Handoyo hadir bersama Andi Ari Pangeran, Kepala Humas SKK Migas Wilayah Sumbagsel, Staff Humas, Tania serta Saipul selaku  Government and Relations Superintendent PetroChina, Resmanudin Staff Comdev PetroChina Jabung dan rombongan.

Sementra itu turut menyaksikan Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari didampingi Ketua PWI Provinsi Jambi Ridwan Agus Depati bersama unsur pengurus PWI Provinsi Jambi.

Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Sumbagsel, Adiyanto Agus Handoyo sampaikan apresiasi dan keinginannya agar wartawan lebih profesional dalam menjalankan kinerja yang selalu menjaga kode etik. 

“Selamat kepada wartawan yang sudah berkompeten, kami ingin seluruh wartawan lebih profesional dalam menjalankan tugasnya. Ini bentuk dukungan kami kepada jurnalis di Jambi. Kedepan, kami akan tetap komitmen dan mendukung agar wartawan lebih profesional dan selalu menjaga kode etik jurnalistik. Kami juga ikut merasakan manfaatnya jika wartawan berkompeten di bidangnya,” Ungkap Adiyanto Agus Handoyo, Kamis (27/06/2019)

Lalu Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari, juga mengapresiasi dukungan SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd, atas terselenggaranya UKW di Jambi ini. 

"Tentu harapan kami kedepan kerjasama ini bisa terus terlaksana, agar wartawan khususnya di Jambi semakin profesional dalam menjalankan tugas,’’ Imbuhnya.

UKW Angkatan ke-V yang telah berlangsung itu, diikuti oleh 42 wartawan dari berbagai media diberbagai kabupaten dan kota dalam provinsi Jambi tersebut, mengikuti jenjang Wartawan Muda 21 orang, Madya 7 orang serta Utama 14 orang. Namun dalam prosesnya, 33 orang dinyatakan berkompeten sementara 9 belum berkompeten. 

"9 orang itu, terkendala beberapa hal, ada yang terlambat datang ke ruang uji, ada juga karena sakit. Tentunya sangat disayangkan," Ungkap Dr Rajab Ritonga M.Si selaku Direktur UKW saat menyampaikan kata sambutannya (Sabtu,10/11/2018) yang lalu.

Sebelumya, Kartu dan Sertifikat UKW Angkatan Ke-V diserahkan secara simbolis kepada Resmanudin Staff Comdev PetroChina International Jabung, Ltd dan Lasno, Comdev Supervisor PetroChina Jabung mewakili para wartawan yang dikirim PetroChina untuk mengikuti UKW.

Turut hadir juga Sekretaris Panitia Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan Ke V Tahun 2018  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jambi, Renold Isra Putra; Sekretaris PWI Provinsi Jambi, Hery FR dan Wakil Sekretaris II, Arman (Rabu, 29/5/2019).

"Kami akan terus berkomitmen mendukung peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) para jurnalis di Provinsi Jambi lewat kerjasama lembaga profesi pers yang diakui Dewan Pers. Peningkatan SDM Jurnalis juga sebagai tanggung jawab moral perusahaan," Ungkap Resmanudin Staff Comdev PetroChina Jabung.

Selain itu, Hery FR mengatakan secara sederhana bisa disebutkan, tujuan UKW agar seluruh wartawan Indonesia memiliki kompetensi, yang bisa diketahui dengan melakukan pengukuran atau ujian.

“Walaupun yang dilakukan saat ini adalah kompetensi minimal, karena ada media yang membuat tuntutan lebih tinggi bagi wartawannya. Tentu diharapkan semua wartawan kelak akan kompeten, ditunjukkan dengan memiliki sertifikat, seperti juga profesi lain. Ini juga berguna untuk membedakan antara mereka yang sungguh-sungguh berprofesi wartawan, dengan yang hanya berpura-pura menjadi wartawan, padahal tujuannya adalah untuk mendapat keuntungan, khususnya finansial selain privilese (hak Istmewa-red),” ujar Hery FR.

(Hendry Noesae)

 

 

Berita Terkait:

KOMENTAR DISQUS :

Top