Selasa, 19 Februari 2019 |
Pendidikan & Teknologi

Kibarkan Bendera Pusaka, Merangin Peringati 88 Tahun Sumpah Pemuda

Jumat, 28 Oktober 2016 20:53:16 wib
Pengibaran Bendera Pusaka memperingati HUT Sumpah Pemuda ke-88/2016

JAMBIDAILY PENDIDIKAN-Membangkitkan nilai-nilai nasionalisme dan betapa pentingnya peran pemuda sabagai pilar bangsa.  Itulah salah satu agenda penting peringatan Hari Sumpah Pemuda.

"Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia,"demikian cuplikan kata-kata Bung Karno, yang diteriakkan Bupati Merangin H Al Haris, saat membaca Sambutan  Menteri Pemuda dan Olahraga RI Iman Nahrawi, sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-88, Jumat 28 Oktober 2016 di halaman depan Kantor Bupati Merangin.

‘’Kita mungkin sempat bertanya-tanya, apakah mungkin dan bagaimana caranya hanya dengan 10 pemuda, sebuah negara bisa menguncang dunia? Jawabannya akan kita temuka melalui fakta-fakta yang ada,’’ujar Bupati.

Data demografi Indonesia menyebutkan bahwa jumlah pemuda di Indonesia usia antara 16-30 tahun berjumlah 61,8 juta orang atau 24,5 persen dari total jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 252 juta orang.

Secara kuantitas angka 24,5 persen cukuplah besar, ditambah lagi dalam waktu dekat ini mulai 2020 sampai 2035, Indonesia akan menikmati suatu era yang langka yang disebut dengan Bonus Demografi.

Dimana jumlah usia produktif Indonesia diproyeksikan berada pada grafik tertinggi dalam sejarah bangsa ini, yaitu mencapai 64 perseb dari total jumlah penduduk Indonesia sebesar 297 juta jiwa.

‘’Bung Karno hanya membutuhkan pemuda-pemuda unggul, yang memiliki kualitas dan visi yang besar dalam menatap dunia. Rio Haryanto salah seorang pemuda Indonesia mampu naik ke level tertinggi balap mobil Internasional F1,’’terang Bupati.

Baru disadari kalau pernyataan Bung Karno bukan isapan jempol memata, seluruh mata dunia terbelalak, dunia balap internasional seolah tidak percaya ada anak Indonesia yang berhasil menembus balap paling bergengsi dunia.

Begitu juga dengan Owi-Butet anak muda berusia 27 dan 30 tahun yang mampu mengembalikan tradisi emas di ajang Olimpiade Rio De Jeneiro Brazil melalui cabang olahraga bulutangkis dan banyak lagi prestasi pemuda Indonesia yang mampu mengguncang dunia.

Upacara peringatan hari Sumpah Pemuda itu diikuti barisan dari Pramuka, Pelajar, Paskibraka, Karangtaruna, Korpri, Satpol PP, Polisi, Brimob dan TNI. Sebelum sambutannya, bupati memberi penghargaan kepada tiga orang pemuda Merangin berprestasi.

Upacara dilaksanakan pengibaran bendera pusaka oleh tiga pemuda Merangin,  Aldi Tri Kurniawan  Paskibraka Nasional, Qori Munawaroh Paskibraka Provinsi Jambi dan Nirwana Novasiska  Paskibraka Kabupaten Merangin. Tiga pemuda ini telah berjasa mengibarkan bendera pada HUT RI, 17 Agustus lalu.(*)


Penulis   : Teguh HMS
Editor    :  Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top