Jumat, 28 Juli 2017 |
Ekonomi

Klaim Kesejahteraan Masyarakat Batanghari Meningkat, Tapi...

Minggu, 11 Oktober 2015 21:47:36 wib

JAMBIDAILY BATANGHARI-Bupati Batanghari Sinwan SH, yang diwakili Asisten II, Apani Saharudin, mengklaim terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat Batanghari.

Tapi peningkatan tersebut perlu terus dijaga melalui pengendalian Inflasi yang dapat diimplementasikan dan dimonitor secara bersama, Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat maupun Bank Indonesia.

"Secara umum kondisi perbaikan kesejahteraan Masyarakat Batanghari semakin meningkat, serta perlu dipelihara dengan menjaga stabilitas ekonomi, dengan pengendalian inflasi,"klaimnya, saat membuka Rakorda bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) se Provinsi Jambi yang bertempat di ruang pola kecil kantor Bupati Batanghari.

Sementara itu, Kabag Ekonomi, Hendri Jumiral, menjelaskan, tingginya Inflasi sering disebabkan oleh gangguan produksi, distribusi, struktur pasar serta ketidaksempurnaan informasi dan lainnya.

"Panjangnya rantai distribusi dapat menyebabkan disparitas harga yang lebar antara produsen dan konsumen."

Namun demikian penanganan Inflasi juga merupakan tanggungjawab pemerintah daerah dalam Instruksi Menteri Dalam Negri Republik Indonesia Nomor 027/1696/SJ tanggal 2 April 2013 dimana setiap daerah diharuskan membentuk Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID).

"Pemkab Batanghari berharap SKPD proaktif melaporkan perkembangan program yang terjadi disetiap Dinas. Apalagi dengan kondisi cuaca saat ini kemarau panjang dan kabut asap juga mempengaruhi ekonomi masyarakat. Ini merupakan hal yang perlu disikapi bersama."

"Bahan pokok yang tinggi dan langka, sangat mempengaruhi terhadap inflasi, dengan adanya proaktif dari tiap SKPD, hal ini bisa dikendalikan dengan kegiatan dan program yang akan dibuat nantinya,”pungkasnya.(jambidaily.com/RED)

KOMENTAR DISQUS :

Top