Kamis, 02 April 2020 |
Hukum

Kodim Grebek Penimbunan BBM Ilegal

Selasa, 05 Mei 2015 17:12:11 wib

JAMBIDAILY BANGKO-Gerakan serius penindakan penimbunan Bahan Bakar Minyak (BBM) ilegal. Kali ini Kodim 0420 Sarko menggerebek bangsal kayu di Jalur Dua Kodim.

Informasinya, penggerebekan BBM Ilegal jenis Solar ini dipimpin langsung Danunit Inteldim 0420/Sarko Lettu Inf Amru,S.E, M.M bersama anggota dan Provos Kodim 0420/Sarko. Anggota Kodim 0420 Sarko bergerak ke lokasi pukul 11.20. Tidak menunggu lama, anggota langsung menyisir sekitar rumah dan bangsal kayu Kulim Jaya di Jalur Dua Kodim.

Mengejutkan, dibelakang tumpukan bangsal kayu tersebut, ditemukan 13 drum kosong untuk menampung BBM tersebut. Selanjutnya ditemukan 43 jeriken kosong, dan 40 jeriken berisikan BBM jenis Solar.

Tapi sayang ketika melakukan penggerebekan pemilik Bangsal Kayu, Helmi tidak ada ditempat.

Alhasil, seluruh barang bukti penimbunan BBM jenis Solar tersebut, diangkut ke Makodim 0420/Sarko. Selain barang bukti jeriken dan drum, juga diamankan dua unit mobil. Satu unit dump truk warna putih BH 8762 FI dan satu unit Chevrolet Troper warna biru Nopol BA 3116 DA. Setelah di cek, ternyata tangki mobil Trooper sudah dimodifikasi. Kuat dugaan mobil trooper ini digunakan pemiliknya untuk menyedot BBM. Kemudian disalin ke jeriken dan
diangkut dengan dump truk.

Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Budiawan Basuki melalui Danunit Intel Kodim 0420/Sarko Lettu Inf Amru,S.E, M.M dilapangan mengatakan penggerebekan ini dilakukan berdasarkan informasi dari masyarakat. Informasi itu menyebutkan jika di bangsal kayu Kulim Jaya ada aktivitas penimbunan BBM jenis Solar.

Berbekal hasil penyelidikan, ternyata benar anggota Unit Intel Kodim 0420/Sarko mendapati puluhan jeriken BBM jenis Solar.

"Ya, awalnya informasi ini kita sampaikan ke Komandan Kodim 0420/Sarko, hasil lidik dilapangan benar ada. Selanjutnya kita diperintahkan untuk melakukan pengerebekan. Ternyata benar ditemukan 13 drum untuk menampung BBM, 43 jeriken kosong dan 40 jeriken BBM berisi Solar," kata Amru.

Tindakan selanjutnya, kata Lettu Inf Amru, seluruh barang bukti baik jeriken, drum dan jeriken BBM berisi solar diamankan sementara ke Makodim 0420 Sarko. Tidak hanya barang bukti, Kodim juga membawa dua warga yang bekerja sebagai pengangkut dan pelangsir BBM tersebut.

"Dua warga yang melangsir kita mintai keterangan di Makodim. Untuk pemilik masih kita lakukan pengejaran. Selanjutnya setelah di proses, jika ada keterlibatan anggota akan diproses secara internal. Jika sipil kita serahkan ke Polres Merangin untuk ditindak secara hukum," tegas Lettu Inf Amru.

Dari informasi yang berkembang, pemilik BBM Solar ini merupakan pemain PETI di kawasan Perentak. Dia memiliki empat unit alat berat jenis Escavator.

Selanjutnya BBM ini akan digunakannya sendiri untuk melakukan aktivitas PETI.

"Informasi awal didapatkan seperti itu, tapi kita tetap melakukan proses hukum agar pelaku penimbun BBM ilegal," pungkas Danunit Intelkam 0420/Sarko, Lettu Inf Amru. (jambidaily.com/NZR)

KOMENTAR DISQUS :

Top