Jumat, 20 Juli 2018 |
Ekonomi

Komisi II: Pemkab Tanjabbar Perlu Antisipasi Lonjakan Harga Sembako

Jumat, 13 Mei 2016 13:23:25 wib
Ilustrasi(google.co.id)

JAMBIDAILY EKONOMI-Menjelang Ramadhan 1437 H/2016, Komsisi II DPRD Tanjabbar minta Pemkab lakukan antisipasi kenaikan harga kebutuhan masyarakat.

"Kenaikan harga kebutuhan bahan pokok menjelang Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri memang tidak bisa dihindarkan. Namun, kewajiban pemerintah memastikan ketersediaan barang dan harga stabil,"ingat Anggota Komsi II DPRD Tanjabbar, Heri Juanda kepada jambidaily.com, Jumat 13 Mei 2016.

Setidaknya, melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan, kenaikan harga dapat ditekan dalam batas kewajaran,"jelas Heri.

Diantara upaya yang dapat dilakukan pemerintah ialah pemantauan dan pengawasan secara berkelanjutan. Upaya tersebut dapat dilakukan oleh tim khusus yang dibentuk Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan tugas pengawasan selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri.‪

‪"Pengawasan dan pemantauan ini sangat diperlukan, mencegah tindakan pedagang nakal sengaja untuk memamfaatkan momentum Ramadhan dan Idul Fitri untuk stok barang dan memainkan harga bahan kebutuhan pokok di pasaran,"jelas Politisi Hanura ini.

Dia berharap, jika terjadi permintaan yang cukup tinggi akan sejumlah kebutuhan pokok menghadapi Ramadhan, Pemkab Tanjabbar dapat memasok dari daerah lain, sehingga persediaan mencukupi, dan dengan demikian harganya juga akan stabil.

"Perlu juga disiagakan untuk melakukan operasi pasar di semua kecamatan yang ada di kabupaten ini.(jambidaily.com/RZA)

KOMENTAR DISQUS :

Top