Minggu, 17 Desember 2017 |
Wisata & Budaya

Kopi Liberika Tungkal jadi Sajian Utama Gerai UMKM Mekar Jaya yang dibangun SKK Migas-PetroChina

Kamis, 07 Desember 2017 16:02:00 wib
Foto: jambidaily.com/Hendry Noesae

JAMBIDAILY WISATA - Anda Pencinta Kopi,? Ada Tempat menarik berupa gerai unik dengan material kayu, tentunya sangat representatif untuk melepas lelah sejenak dalam perjalanan tepatnya di jalan Lintas Kuala Tungkal-Jambi KM.23 Parit Lapis RT.03 Kelurahan Mekar Jaya Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Dengan nama Gerai UMKM (Usaha micro kecil dan menengah) "Mekar Jaya" yang dibangun SKK Migas-Petrochina Internastional Jabung Ltd ini menyediakan oleh-oleh dan kerajinan tangan khas Tanjung Jabung Barat, Rencananya bakal ada Agrowisata juga, anda bisa mengunjungi langsung kebun kopinya.

Saat jambidaily.com berkunjung (Kamis,07/12/17) Lokasi sangat didukung Lingkungan asri, bersih serta nyaman menjadi daya tarik tersendiri tentunya dan mampu menampung hingga 50 orang pengunjung bisa sebagai ruang pertemuan kantor, arisan, acara keluarga dan komunitas tersebut juga tersedia komputer, layar dan proyektornya. 

Program diatas merupakan bentuk dukungan SKK Migas-Petrochina Internastional Jabung Ltd terhadap bisnis UMKM, sebagai wadah untuk memajang serta memasarkan karya para pelaku usaha lokal.

Nahh, Ada sajian khusus di Gerai ini yaitu menyediakan Kopi liberika Tungkal komposit, siap minum dengan beragam cara seduhan juga dalam bentuk kopi bubuk, aroma dan rasanya sangat khas. Namun, anda bila ingin biji kopi liberika dengan kondisi mentah juga bisa dipesan disini. 

Kopi Liberika Tungkal berasal dari kopi jenis liberika yang dikembangkan pertama kali oleh H.Sayuti di kelurahan Mekar Jaya Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Bibit diperoleh dari kebun kopi di Malaysia pada tahun 1940 dan dikembangkan secara luas pada tahun 1979 - 1980 an.

Kabupaten Tanjung Jabung Barat merupakan penghasil kopi liberika terbesar secara nasional dalam produksi yaitu sekitar 270 ton/tahun dengan luas perkebunan di tahun 2016 seluas 3.034 Ha. Varietasnya secara resmi dilepas sebagai varietas unggul nasional.

Bagaimana, penasaran bukan,?
tidak hanya langsung seduh dan nikmati di gerai tersebut, jika anda punya usaha ingin memasarkan secara sajian atau bentuk lainnya Kopi liberika tungkal komposit, bisa menghubungi 0813 6663 8630 atau 0853 1906 3846 dan 0852 6436 1494.

 

(Hendry Noesae)

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

Top