Kamis, 24 Mei 2018 |
Jurnal Publik

Kopi Raina walau Pahit namun Unik, Pengambil Keputusan, Berani dan keras kepala

Senin, 11 September 2017 09:15:51 wib

KOPI RAINA-BEGITU banyak cerita dan kisah, tidak juga menutup fakta yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari terkadang menjadi hal yang tidak bernilai tidak juga berarti namun ada atau dari sudut pandang yang berbeda justru itulah cerita penting dan bermakna, kondisi wajar dalam peristiwa tersebut mengingat tingkat keterbatasan kita baik itu dalam sisi mengingat, maupun sisi lain dalam ketidakterjangkauan kita di sudut nan luas.

Berangkat dari pemikiran tersebut, dan bincang-bincang ringan bersama salah seorang Jurnalis yang menjadi tataran guru bagi saya Hery FR atau lebih dikenal dengan Heri Rawas, terlepas dia saat ini pemegang tampuk sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjend) di Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jambi, Dia memberikan suatu peluang tersendiri akan kegelisahan saya, dia mengatakan Sajikanlah sebagai sesuatu yang ringan, bermanfaat, memiliki muatan secara umum, berbeda tetapi tetap kritis tanpa mengesampingkan aturan dan etika sebagai pondasi.

Lelaki yang sering menjadi lawan tanding saya dalam berdebat ini tidak hanya sebagai teman tapi juga Abang bahkan layaknya Orang Tua bagi saya, dia terus mendorong saya mengeluarkan apa yang ada didalam kepala, walau terkadang kata bernama Ragu-ragu menggelayut, karena faktor lain dalam sisi saya sebagai Manusia. Dia tidak menampiknya mengingat jalan dan apa yang telah saya lalui menjadi sesuatu serta momok yang lumayan sulit saya lepaskan, ada kata amarah, kata emosional sebagai pribadi tetapi dia tetap memberikan kepercayaan yang besar akan bangkit saya dan turut menjadi bagian cerita lain melalui Tulisan di Media Online, www.jambidaily.com.

Hingga dinihari sampai melewati tanggal 17 Agustus 2017, ditemani Kebiasaan dan kesukaan kami yang sama yaitu Menikmati segelas kopi, terlahirlah  kata “Kopi Raina” yang akan menjadi Ruang bagi saya, Rumah bagi saya, Wadah dan Mangkok penampung segala apa yang ingin saya suguhkan.

Tentu akan menjadi pertanyaan, Apa itu Kopi Raina,?
Dalam sebuah Mutiara kisah yang saya kutip dari jagat maya bahwa Andaikan kehidupan adalah kopi, maka pekerjaan, harta dan kedudukan sosial adalah cangkir-cangkirnya. Jadi, hal-hal itu hanyalah perkakas yang membungkus kehidupan. Adapun kehidupan (kopi) itu sendiri, ya tetap itu-itu saja, tidak berubah. Saat konsentrasi kita tersedot kepada cangkir, maka saat itu pula kita akan kehilangan kesempatan untuk menikmati kopi. Karena itu jangan terlalu memperhatikan cangkir, akan tetapi nikmatilah kopinya…”. Sejatinya, inilah penyakit yang diderita manusia. Banyak orang yang tidak bersyukur atas apa yang ia miliki, setinggi apapun kesuksesannya. Sebab ia selalu membandingkannya dengan apa yang dimiliki orang lain. Setelah menikah dengan seorang wanita cantik yang berakhlak mulia, ia selalu berfikir bahwa orang lain menikah dengan wanita yang lebih istimewa dari istrinya. Sudah tinggal di rumah sendiri, namun selalu membayangkan bahwa orang lain rumahnya lebih mewah dari rumah sendiri. Ia bukannya menikmati kehidupannya beserta istri dan anak-anaknya. Tapi justru selalu memikirkan apa yang dimiliki orang lain, seraya berkata, “Aku belum punya apa yang mereka punya”.

Mutiara Kisah tersebut mewakili apa yang saya rasakan, mungkin berbeda setiap kita memaknai secangkir Kopi, tentunya secara nyata dalam kehidupan sebagian besar kita tidak terlalu peduli dengan hal itu, hanya menikmati saja layaknya Kopi yang tersaji secara hangat, baik pagi maupun situasi lainnya. Namun Nikmatnya kopi, saya rasakan sangat luar biasa ketika tersaji dari Sang istri yang membuatkannya setiap saya memulai hari.

Untuk Raina, itu memiliki arti yang sangat luas berikut pengertiannya dari berbagai Bahasa:

Raina Arti Kata bahasa Jawa dalam Indonesia termasuk Rainten yaitu Siang Hari
Raina dalam bahasa Indonesia artinya Siang, Kesayangn, Tertawa, Gembira dan Ratu nan Cantik
Raina dalam bahasa arab berarti Ratu yang damai, Bersih, murni
Raina dalam bahasa latin, Chamoru, Cekoslowakia, Perancis artinya Ratu 
Raina dalam bahasa Amerika-Inggris juga kata Reannon, Reannan, Reanne, Raeann, Reannah, Reann, Rennie, Renata, Reane, Reeana, Raeann artinya Ratu
Raina bahasa Jerman juga kata Reanna, Raena, Rainna, Rayna, Raeinna yang artinya Ratu, Seorang Ratu, Sorang Rasul atau Wali Agama
Raina dalam Bahasa Jepang artinya Penggaris

Itu pengertian dari berbagai bahasa, sementara pengertian secara cakupannya Raina ialah Perempuan berkarakteristik, Spiritual, Pencari sejati, Tidak mudah terpengaruh, Selalu diberkati, Tidak dibuat-buat dan unik, Pengambil keputusan, berani, dan keras kepala.

Kata Kopi Raina menjadi penamaan dalam kolom ini atas Pemberian Hery FR, yang berangkat dari keinginan saya untuk lebih bisa dan tidak sekedar dari mimpi. Sebelumnya sudah ada Suguhan sebagai catatan awal dari Kolom ini, Maka selanjutnya izinkanlah saya dengan segala dukungan semua pihak agar setiap Pekan di Hari Senin, Rentang di Pukul: 09.00 Wib hingga Pukul: 10.00 Wib akan Tersaji Kopi Raina teruntuk pembaca www.jambidaily.com dimanapun anda berada, semoga memberikan bermanfaat.


Salam 
Hendry Nursal/Hends Noesae

KOMENTAR DISQUS :

Top