Kamis, 16 Agustus 2018 |
Hukum

Kosmetik Korea Bikin Kanker, Dua Brand Terkenal Ini Ditarik dari Pasaran

Selasa, 27 Maret 2018 10:44:28 wib
Kosmetik Korea yang picu kanker/copyright Koreaboo.com

JAMBIDAILY HUKUM - Setiap kali melihat wajah artis Korea pasti jadi iri karena kulit mereka begitu halus, lembut dan putih bersih. Semua wanita pasti penasaran produk kosmetik dan skincare apa yang mereka pakai hingga punya kulit seperti itu. Tak heran jika kemudian saat ini banyak sekali wanita yang gemar belanja produk perawatan kulit Korea.

Tapi akhir-akhir ini ada kabar bahwa dua brand kosmetik Korea Selatan terkenal ditarik oleh pihak berwajib Korea dari pasaran di Hong Kong karena ditemukan mengandung zat penyebab kanker dalam 13 produk keluarannya.

Media lokal di Seoul-Korea Selatan, seperti dikutip dari Koreaboo.com, melaporkan bahwa investigasi telah dilakukan oleh Kementrian Keamanan Pangan dan Obat-obatan Korea Selatan, menunjukkan bahwa produk-produk tersebut mengandung lebih dari 10 mikrogram antimon, yaitu jenis logam berat yang menyebabkan kanker.

Ketigabelas produk tersebut berasal dari dua brand besar milik Amore Pasific, yaitu Aritaum dan Etude House. Beberapa barang yang terindikasi menyebabkan kanker adalah concealer dan pensil alis dari Aritaum, XTM Style Homme, Black Monster, SKEDA, Makeheal, Etude House, 3CE dan Skinfood lip pencil.

Meski memang kulit tubuh tidak mudah menyerap zat ini, namun dalam jangka waktu panjang, bahaya antimon yang berlebihan di kulit bisa menyebabkan kanker kulit, dermatitis, jika tertelan atau masuk ke tubuh melalui suntikan, zat ini bisa menimbulkan iritasi mata, paru-paru, hati dan perut.

Pemerintah Korea sudah menegaskan kepada pihak perusahaan kosmetik tersebut untuk menghentikan penjualan. Pihak produsen Amore Pacific, sudah mengeluarkan permintaan maaf kepada konsumen atas ketidaknyamanan yang terjadi tanggal 20 Maret 2018 lalu.

"Sebagai pabrik dan distributor, kami seharusnya memperhatikan lebih jeli untuk memastikan kontrol kualitas atas semua produk yang kami jual. Dengan tulus kami sungguh meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan kepada para pelanggan kami. Terutama kami juga akan mengeluarkan perintah penarikan untuk beberapa produk di negara lain, meskipun jumlahnya tidak banyak.”

Wah, harus benar-benar hati-hati nih ladies kalau mau beli kosmetik atau skincare Korea ya. Jangan asal ikut-ikutan tren tapi ternyata malah nggak aman buat kulit kamu.


(vem/feb)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top