Sabtu, 21 April 2018 |
Wisata & Budaya

Kreatif, Panjat Pinang Lestarikan Sungai

Minggu, 23 Agustus 2015 18:48:09 wib

JAMBIDAILY WISATA-Kreatif dan patut mendapat apresiasi.  Itulah yang dikatakan Bupati Merangin H Al Haris, atas upaya RT 02 dan 03, RW 01 Kelurahan Pasar Bangko, menggelar kegiatan spektakuler lomba panjat pinang dalam air untuk melestrarikan sungai.

"Saya sangat salut dengan pemuda kreatif yang menggelar acara Panjat Pinang di aliran Sungai Batang Merangin ini. Kegiatan seperti ini harus terus ditingkatkan lagi untuk kelestarian sungai kita,’’ujarnya, kemarin, memberi apresiasi, kegiatan tersebut, yang merupakan rangkaian peringatan HUT RI ke-70/2015.

Diakuinya, saat ini  sudah banyak sungai di Kabupaten Merangin yang tercemar.  Dengan menggelar Panjat Pinang di aliran Sungai menjadi senjata ampuh untuk melestarikan sungai.

Bahkan, pada tahun depan bupati berencana membuat acara Panjat Pinang sebanyak 71 batang di sepanjang Sungai Batang Merangin.

"Sebanyak 71 batang itu menggambarkan hari ulang tahun Kemerdekaan RI ke-71,"jelasnya.

Bupati mengajak seluruh masyarakat untuk terus melestarikan sungai dan menjaganya dengan baik. Jangan ada lagi warga yang membuang sampah di sungai, sehingga sungai yang ada menjadi bersih.

Jika sungai-sungai di Merangin telah bersih, warga tidak akan khawatir kekurangan air bersih.  Dalam kondisi kemarau sekarang ini warga banyak yang kekurangan air bersih, salah satu cadangan air yang ada yaitu air sungai.

‘’Untuk itu meri kita bersihkan sungai dari berbagai limbah, baik limbah sampah atau limbah lainnya yang membuat air sungai tercemar. Dibantaran Sungai Batang Merangin ini tengah dikerjakan turap yang sekaligus bisa untuk jalan,’’terang Bupati.

Jalan di tepi sungai itu nantinya bisa dinikmati siapa saja untuk lebih dekat dengan sungai, bisa berjalan kaki atau bersepeda di tepi sungai. Jika semua warga telah memperhatikan sungai, bupati yakin sungai itu akan bersih dan terawat. (jambidaily.com/HMS/TEG)

KOMENTAR DISQUS :

Top