Kamis, 27 Juni 2019 |
Wisata & Budaya

Kuatkan Nilai Budaya Melayu, RMJ Buka Puasa Bersama Tomas Barat dan Timur Jambi

Senin, 27 Mei 2019 00:24:17 wib

JAMBIDAILY BUDAYA - Komunitas Raden Melayu Jambi (RMJ) adakan buka puasa bersama dengan tokoh masyarakat (tomas) di Jambi guna mempererat silaturahmi antara anak keturunan Raja Jambi, suku melayu Jambi dan anak asli Jambi (Minggu, 26/05/2019) di Gedung Sekretariat RMJ, Kompleks Tugu Juang, Kawasan Simpang Tiga Sipin, Kota Jambi.

Dalam perhelatan itu, hadir para pengurus dan keluarga besar RMJ serta turut menghangatkan suasana tampaknya H Hasan Basri Agus (HBA), mantan gubernur Jambi yang kini lolos menuju Senayan sebagai Anggota DPR RI dan Sum Indra mantan Wakil Walikota Jambi juga para tamu undangan dari berbagai organisasi kemasyarakatan.

"Acara hari ini dihadiri tokoh wilayah barat anak asli Jambi HBA dan tokoh melayu Jambi bagian Timur Sum Indra. Tujuan dari acara untuk membangun silaturahmi keluarga besar raden melayu Jambi. Wujud kegiatan hari ini adalah langkah awal membangun kembali silaturahmi keluarga besar RMJ tidak saja di provinsi Jambi, akan tetapi ke depan ke seluruh keturunan melayu Jambi di seluruh pelosok Nusantara, bahkan keturunan di negeri perantauan," Ungkap Ketua RMJ, Raden Wawan Setyiawan SH.

Lelaki yang akrab disapa Wawan tersebut berharap kedepan keluarga besar RMJ dapat menjadi komponen masyarakat yang memberikan andil secara positif dan konstruktif terhadap pembangunan negeri melayu Jambi secara menyeluruh, demi negeri melayu Jambi yang produktif, Makmur, sejahtera dan berkeadilan.

"Agenda kedepan adalah sama dengan tujuan acara ini terselenggara yaitu memperkuat silaturahmi keluarga besar RMJ dan keturunan ke seluruh kabupaten/kota di provinsi Jambi, ke seluruh pelosok nusantara, dan bahkan perkuat silaturahmi dengan keluarga besar RMJ dan keturunan di negeri rantau," Tambah Wawan.

Saat ini dari penjelasan Wawan untuk di kota Jambi 500 di luar Kabupaten/Kota lainnya dalam provinsi Jambi yang terdata sebagai anggota RMJ. Tidak hanya di Jambi, RMJ juga mendata keturunan melayu Jambi hingga ke Luar Negeri.

"Hari ini kami telah mendata keluarga besar kami yang ada di negeri tetangga yaitu Malaysia, Singapura, Thailand bahkan ke negeri Belanda," Sebut Wawan.

Lebih lanjut kata Wawan, selain melakukan pendataan dan memperkuat silaturahmi, RMJ juga fokus pada perlindungan, penguatan nilai budaya melayu Jambi hingga sumber daya manusia dari RMJ itu sendiri.

"Dalam pengembangan nilai luhur budaya melayu Jambi, RMJ fokus pada perlindungan dan penguatan nilai budaya melayu Jambi melalui program seni budaya, pendidikan, dialog, bahkan implementasi ilmu pengetahuan teknologi serta inovasi pengembangan sumber daya manusia keluarga besar RMJ juga keturunan Melayu Jambi," Tandas Wawan.

 

 

(Hendry Noesae)

KOMENTAR DISQUS :

Top