Kamis, 21 Februari 2019 |
Peristiwa

Lagi... PT.TPIL Terlambat Bayar Gaji dan Bagi Hasil Petani

Selasa, 01 Desember 2015 14:55:02 wib
Pengurus Koperasi Blokir Jalan PT TPIL (ft jambidaily.com.doc)

JAMBIDAILY MUARATEBO- Lagi PT.Tebo Plasma Inti Lestari (PT.TPIL) kembali terlambat melakukan pembayaran gaji karyawan maupun bagi hasil petani pola kemitraan untuk periode bulan November.

Hingga saat ini belum ada pembayaran dari pihak perusahaan. Dan karena kesal, hal ini pun di laporkan oleh pihak pengurus koperasi kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Tebo seperti Bupati, Disbun, Disnakertrans, Disperindagkop dan DPRD.

Pengurus Koperasi Mitra Mandiri Lestari (MML) Rawija dan Koperasi Usaha Bersama (UB) saat dikonfirmasi Jambidaily.com pada Selasa (01/12), membenarkan bahwa PT.TPIL belum melakukan pembayaran terhadap karyawan juga petani pola kemitraan 'ungkapnya.

'Iya bagi hasil petani belum dibayar oleh PT.TPIL.  Dan kami sudah melaporkan permasalahan ini ke Bupati ,Disbun, Disnakertrans, Disperindagkop dan DPR bahkan kepada Pj.Gubernur Jambi.  Seharusnya pembayaran diterima oleh petani setiap tanggal 15 setiap bulannya dan keterlambatan ini sudah terjadi sejak bulan September yang lalu mengalami kemacetan,"tandas Rawija.

Ditambahkan Rawija permasalahan ini bisa memungkinkan bakal terjadi unjuk rasa lagi, ini merupakan bentuk protes dari kekesalan masyarakat petani dan karyawan karena ekonomi mereka sudah terancam mereka sudah tidak lagi memiliki uang untuk membeli kebutuhan sehari-hari buat keluarga karna belum menerima gaji dari perusahaan 'terangnya.

Terpisah Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Tebo melalui stafnya Bahroin Siregar, membenarkan bahwa pihaknya sudah menerima surat dari Koperasi MML dan UB namun surat tersebut masih akan di pelajari apakah nantinya PT.TPIL bakal di panggil atau seperti apa kita pelajari dulu. .

Sedangkan, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Tebo melalui Kabid Pengawasan Tenaga Kerja (Wasnaker) Kamal Firdaus, mengaku  laporan Koperasi MML dan UB belum ada.

"Namun soal PT.TPIL menurutnya apa pun alasannya pihak perusahaan harus membayarkan gaji karyawan tepat pada waktunya. Berdasarkan UU.Nomor.13 Tahun 2013 Tentang Ketenaga Kerjaan dan tentang pengupahan Pasal 88 sd 98,"tegasnya.

Sementara itu hingga berita ini di turunkan Togar.S pihak Manajer perkebunan PT.TPIL saat dihubungi belum terkonfirmasi. (jambidaily.com/ARD)

KOMENTAR DISQUS :

Top