Selasa, 11 Desember 2018 |
Politik

Lantik Pejabat Eselon II, Fachrori: Kita Harus Meningkatkan Kinerja Pemerintahan

Rabu, 21 November 2018 18:27:02 wib
JAMBIDAILY POLITIK - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum minta pejabat yang dilantik untuk cepat dapat menyesuaikan diri (adaptif) dengan tuntutan tugas dan tanggung jawab yang baru. Dan, seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Jambi harus meningkatkan kinerja pemerintahan. Hal tersebut disampaikannya dalam Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi, di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Rabu (21/11).

Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi yang dilantik adalah:

1. Drs.H.Ahmad Bastari,M.Pd, Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Kemasyarakatan dan SDM

2. Ir.Hj.Sri Anggunaini, M.Si, Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Ekonomi dan Pembangunan

3. Asraf S.Pt, M.Si, Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik

4. H. Sudirman,SH,MH, Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum

5. Ir. Muhammad Fauzi MT, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Jambi

6. Dr. Doni Iskandar, S.Sos, M.P, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Provinsi Jambi

7. Ahmad Bestari, SH, MH, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi

Fachrori mengatakan, sesuai UU No. 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), Pejabat Eselon II adalah Pejabat Tinggi Pratama, proses seleksinya melalui panitia seleksi dan mendapatkan rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara di Tingkat Pusat “ Kita sudah melalui semua mekanisme,” kata Fachrori.

“Sebagai pejabat strategis harus mampu mengelola perubahan, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama harus proaktif dan responsif. Dinamika pembangunan bergerak dengan cepat, berpindah dengan tiba-tiba dan perubahan itu hanya bisa diantisipasi dan direspon oleh mereka yang siap. Untuk itu, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus menguasai manajemen organisasi, sebagai pemimpin sekaligus manajer,” ujar Fachrori.

Fachrori juga mengatakan, pejabat yang dilantik ini sudah memenuhi kriteria yang telah ditentukan, kemampuan intelektual maupun kemampuan managerial. Selain itu, Fachrori juga mengemukakan pentingnya keimanan dan ketaqwaan ini, agar pejabat yang dilantik dapat menghindari korupsi, kolusi dan nepotisme, serta memperjuangkan terciptanya pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

“Untuk itulah, saya berharap agar pejabat yang baru dilantik, serta pejabat yang lama, dapat bersikap mandiri dan merombak pola pikir lama yang menyebabkan pejabat sering terjebak dalam rutinitas kerja. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja pemerintah kedepan,” ungkap Fachrori.

Fachrori mengingatkan kepada pejabat yang baru dilantik dan semua yang hadir, bahwa jabatan adalah amanah, oleh karenanya, yang mengemban amanah harus bekerja dengan sungguh-sungguh dan niat yang tulus serta menunjukkan dedikasi yang tinggi dalam melaksanakan tugas. “Mudah-mudahan semua yang kita kerjakan akan mendapat ridho Allah SWT,” tambah Fachrori. (Gita/Richi/edit: Mustar, foto: Mulyadi/Humas Pemprov Jambi).

KOMENTAR DISQUS :

Top