Jumat, 24 Mei 2019 |
Peristiwa

Lihat Kesiapan, Danrem 042/Gapu Tatap Muka Latihan Posko Tanggap Karhutla di Kodim Tanjab

Rabu, 24 April 2019 15:29:41 wib

JAMBIDAILY TANJABBAR - Kodim 0419/Tanjab selama tiga hari (24-26 April 2019) melaksanakan Latihan Posko I penanggulangan bencana alam yang terjadi di wilayah Tanjab Barat dan Tanjab Timur dengan materi latihan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan bertempat di Aula Makodim 0419/Tanjab, Jalan Beringin, Kel. Patunas, Tungkal Ilir, Kab. Tanjab Barat, Jambi, Rabu (24/4/2019).

Komandan Korem 042/Gapu Kolonel Arh Elphis Rudy,M.Sc.S.S saat dikonfirmasi awak Penrem mengatakan bahwa Latihan Posko I yang dilaksanakan kali ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Kodim dalam merencanakan suatu operasi yang mencakup hal-hal keterpaduan, kerjasama dan koordinasi dalam pengambilan keputusan, teknik, olah yudha dan pengintegrasian semua kemampuan satuan yang dimiliki, prosedur dan tata cara kerja yang berlaku dalam suatu Posko serta Komando dan Pengendalian Operasi guna membantu tugas pemerintah daerah dalam menghadapi permasalahan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan.

Adapun Sasaran yang ingin dicapai adalah melaksanakan Prosedur Hubungan Komandan dan Staf sesuai mekanisme dan prosedur yang berlaku serta terlaksananya Komando, Kendali, Komunikasi, Komputerisasi, Intelijen, Penginderaan dan Pengintaian (K4IPP) secara optimal sehingga mampu menangani permasalahan kondisi sosial secara cepat, tepat dan benar serta terpadu antara aparat keamanan (TNI-Polri), Pemda, instansi terkait, tokoh masyarakat dan seluruh lapisan masyarakat dalam menghadapi dinamika penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan

“Adapun tujuan dilaksanakannya Latihan Posko I adalah untuk mengetahui sejauh mana kesiapan operasional jajaran Kodim 0419/Tanjab. Khususnya dalam mengimplementasikan protap-protap yang ada,” jelas Danrem.

Hal senada juga disampaikan Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf M.Arry Yudistira, S.I.P.M.I.Pol yang mengatakan bahwa latihan posko I dilakukan untuk meningkatkan hubungan Komandan dan Staf dalam merencanakan operasi dan melaksanakan Olah Yudha, menyelenggarakan Komando Pengendalian Operasi serta menyelenggarakan implementasi prosedur dan tata kerja yang berlaku di suatu Pos Komando.

”Dengan kegiatan yang dipusatkan di Makodim 0419/Tanjab, latihan posko itu mampu memantapkan tugas-tugas yang didapatkan dengan kemampuan yang memadai khususnya dalam menanggapi, menangani dan menyelesaikan suatu permasalahan dengan cepat dan tepat sehingga tidak berkembang menjadi kerawanan yang mempengaruhi stabilitas keamanan dan menghambat pembangunan di daerah,” kata Dandim.

“Perlu diketahui, sehari sebelum latihan dilaksanakan, telah dilakukan briefing penyelenggara, pendukung dan pelaku. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kasiopsrem 042/Gapu Letkol Inf Yudha Nugraha, bertempat di ruang data Makodim 0419/Tanjab. Sesuai jadwal, latihan dilaksanakan selama tiga hari, dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB,” pungkas Dandim. (penrem042gapu)

KOMENTAR DISQUS :

Top