Sabtu, 18 Agustus 2018 |

Lima Manfaat Arung Jeram bagi Tubuh Anda

Kamis, 16 Juli 2015 04:39:57 wib
arung jeram

JAMBIDAILY OLAHRAGA-Arung jeram merupakan olahraga air yang tidak asing, namun olahraga tersebut memang termasuk olahraga yang ekstrim untuk dilakukan, terutama bagi mereka yang memiliki keterbatasan dalam kesehatan atau belum cukup umur.

Arung jeram sering dilakukan pada sungai yang memiliki debit air khusus, dimana selain debit juga ada gelombang dan halangan yang ada pada sungai tersebut.

Biasanya daerah arung jeram akan ramai terutama pada musim liburan sekolah, berduyun-duyun pelajar maupun mahasiswa datang untuk olahraga ekstrim tersebut.

Namun ternyata, selain untuk sarana liburan, arung jeram juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut 5 manfaat arung jeram untuk kesehatan. Mulai dari Melatih kekuatan otot sampai dengan Melatih ketahanan mental seseorang. Tetapi perlu diingat, arung jeram banyak manfaatnya untuk kesehatan, tetap saja perlu ada pengkawalan dari ahli khusus guna suksesnya program arung jeram tersebut.

1. Melatih Kekuatan Otot

Pada arung jeram, ada posisi yang perlu untuk tetap dipertahankan dari gelombang air yang menghantam perahu, posisi itulah yang membuat tubuh seimbang supaya tidak jatuh dari perahu. Tentu saja, posisi tersebut memerlukan ketahanan otot terutama otot kaki dan tangan, semakin kencang gelombang yang menerjang perahu semakin besar kekuatan otot untuk menopang keseimbangan tersebut.

Latihan rutin arung jeram akan dapat meningkatkan kekuatan otot tersebut, namun perlu waspada ya jangan sampai over atau berlebihan.

2. Menguatkan Otot Jantung

Olahraga arung jeram memang tidak diperbolehkan bagi orang yang memiliki keterbatasan fisik seperti sakit jantung maupun jantung lemah. Namun, bagi mereka yang memiliki jantung sehat setelah dicek oleh dokter, maka sebenarnya arung jeram dapat membantu menguatkan otot jantung, dimana pada saat arung jeram otot jantung bekerja lebih cepat namun dalam kondisi yang terkontrol.

Meskipun demikian, pengecekan jantung sebelum dan sesudah arung jeram tetap perlu dilakukan ya.

3. Membantu Membersihkan Paru-Paru

Perkotaan, terutama kota-kota besar penuh dengan polusi udara baik asap kendaraan, pabrik maupun debu. Dengan sejenak meluangkan waktu untuk mengikuti arung jeram, tentu saja akan menghilangkan polusi udara yang masuk ke dalam tubuh terutama paru-paru. Hal tersebut didapat tentu saja karena wilayah arung jeram dikelilingi oleh tanaman-tanaman yang ada di perbukitan, gunung-gunung mapun sawah. Pada daerah tersebut udara masih terhitung bersih dan sehat. Hiruplah udara dalam-dalam apabila berwisata atau liburan ke daerah-daerah tersebut.

4. Membakar Kalori Tubuh

Bagi Anda yang sedang menjalankan diet untuk memperoleh tubuh yang ideal, arung jeram dapat dijadikan sebagai pilihan. Bagaimana tidak, dengan olahraga arung jeram, kalori tubuh akan terbakar dengan banyak.

Kalori tubuh yang terbakar atau digunakan dengan banyak akan membentuk tubuh yang ideal, namun tentunya diimbangi dengan konsumsi makan yang cukup ya.

5. Melatih Ketahanan Mental

Pada olahraga arung jeram selain dilatih untuk memiliki jiwa dengan mental pemberani, juga dilatih untuk meningkatkan mental kerjasama. Latihan mental sangat ditekankan dalam olahraga tersebut, tanpa keberanian dan kerjasama tim, keberhasilan arung jeram, terutama jika arung jeram nya digunakan untuk perlombaan, maka akan sulit didapatkan. Meskipun jiwa berani dan kerjasama dapat terbentuk dari olahraga tersebut, namun keamanan atau safety tetap perlu dipatuhi dan dipenuhi ya.

Demikian 5 Manfaat dari olahraga arung jeram. So, bagi Anda yang memiliki waktu luang dan kondisi sehat, tidak ada salahnya mencoba olahraga ekstrim tersebut. Ajak keluarga maupun sahabat untuk menikmati keindahan alam sekaligus mencoba melatih Fisik dan Mental dengan arung jeram.(*/HFR)

Sumber:Vlog/revolusiilmiah.com)

KOMENTAR DISQUS :

Top