Jumat, 28 Februari 2020 |
Hukum

Lima Tersangka Pembunuhan Bayi, "Masih Berkeliaran"

Rabu, 03 Juni 2015 20:27:51 wib
ilustrasi pembongkraran kuburan bayi

JAMBIDAILY MUARATEBO-Meski telah ditetapkan sebagai tersangka  dalam kasus pembunuhan bayi berumur 7 bulan, di Desa Betung Bedarah Timur Kecamatan Tebo Ilir Kabupaten Tebo, Namun kelima tersangka masih bebas berkeliaran karena tidak ditahan.

Tak hanya itu, berkas yang melibatkan lima tersangka, Ani Julianti (25) merupakan ibu kandung bayi 7 bulan, Anisa (45) orang tua Ani Julianti, Muhammad Aldi Bin Muhammad merupakan Ipar dari Ani Julianti, Nike Ardila (23) Adik Kandung Ani Julianti, serta Nilam Sartika Bidan yang membantu proses persalinan, hingga kini belum dilimpahkan ke Pihak Kejari.

Perlu diketahui bahwa Misteri kematian bayi malang yang terjadi di Desa Betung Bedarah Timur, Kecamatan Tebo Ilir pada Senin (30/03) lalu akhirnya terungkap, setelah polisi melakukan pembongkaran makam seorang bayi di Desa Betung Bedara.

Pembongkaran makam bayi tersebut dilakukan karena kematian bayi tersebut diduga tidak wajar karena dilakukan secara diam-diam oleh pihak keluarga pada Kamis (02/04).  Dan Pihak Kepolisian Polres Tebo menetapkan kelima tersangka sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap kematian bayi malang tersebut pada Jumat, 10 April 2015.

Atas perbuatannya tersebut,kelima tersangka dikenakan pasal 338 KUH Pidana, subsider pasal 341 KUH Pidana, subsider pasal 342 KUH pidana,Yo 55,56 KUHPidana karena dengan sengaja merampas nyawa seseorang.

Terkait Hal Tersebut, Kapolres Tebo, AKBP Satria Yusada saat dikomfirmasi, Rabu (03/06) mengaku,  bahwa tidak ditahannya kelima tersangka dikarenakan tersangka baru saja melahirkan. Selain itu juga tidak mungkin melakukan penahan satu keluarga.

"Kemarin tersangka tidak ditahan oleh penyidik karena alasan baru melahirkan dan tidak mungkin juga menahan satu keluarga, namun kasusnya tetap jalan,"jelas Kapolres.

Senada, Kanit PPA Satreskrim Polres Tebo, Bripka Diansah, mengatakan, kelima tersangka tidak ditahan disebabkan beberapa alasan ,tersangka ada yang sudah berumur, baru melahirkan, punya anak bayi dan khusus tersangka Muhammad Aldi tidak ditahan karena tersangka adalah kepala keluarga.

Sedangkan, berkas Kasus tersebut hingga saat ini belum dilimpahkan ke kejaksaan, karena masih ada yang harus dilengkapi.

"Tidak dilakukannya penahanan karena tersangka ada yang sudah tua, yang baru melahirkan dan ada yang mempunyai anak kecil dan ada yang kepala keluarga. Kita rencanakan, berkasnya minggu depan akan kita limpahkan ke kejaksaan,"ungkap Diansyah.(jambidaily.com/ART)

KOMENTAR DISQUS :

Top