Minggu, 24 September 2017 |
Politik

LPj APBD 2016, Ini "Mau" Al Haris

Sabtu, 08 Juli 2017 22:37:51 wib

JAMBIDAILY POLITIK-Bupati Merangin H Al Haris, berharap Laporan Pertanggungjawaban (LPj) APBD 2016 menjadi tolok ukur kinerja Pemerintah Daerah atas pengelolaan keuangan daerah dalam koridor akuntabilitas.

Hal itu disampaikan Bupati pada Laporan Pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2016, disampaikan bupati pada rapat paripurna dihadapan 35 orang anggota Dewan.

‘’Akuntabilitas, transparan, serta merupakan wujud tanggungjawab kami selaku kepala daerah yang berkewajiban untuk melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas dan kewenangan Pemerintah Daerah,’’terang Bupati, Jumat (07/07/2017), yang berlangsung di Aula Utama Gedung DPRD Merangin.

Rapat yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Merangin Isnedi itu, Bupati menegaskan, dalam dua tahun terakhir, Pemkab Merangin mampu menyelesaikan tindak lanjut dalam pengelolaan barang milik daerah, dengan progres yang cukup signifikan, yaitu sebesar 59,69 persen.

Sehingga, lanjut Bupati, masih terdapat saldo temuan aset, tetapi yang masih harus ditindaklanjuti sebesar Rp 53,2 miliar. Sedangkan terhadap aset tetap yang bersumber dana BOS periode 2016 hingga 2015 yang belum tercatat dalam neraca 2016, telah dapat ditindaklanjuti untuk periode 2011 sebesar Rp 1,7 miliar.

Berkat pengelolaan keuangan daerah dan barang milik daerah pada masing-masing OPD yang cukup baik itu, sehingga tidak terdapat temuan yang bersifat material di tahun bejalan, baik pada segi jumlah maupun subtansi, maka Merangin mampu meraih opini wajar tanpa pengecualian.(*)

Laporan   : Teguh (HMS)
Editor      : Khotib Syarbini

 

KOMENTAR DISQUS :

Top