Selasa, 19 Desember 2017 |
Politik

LSM AGPK Persoalkan Jabatan Rangkap Plt Kasubbag Rumah Tangga

Senin, 31 Oktober 2016 21:25:30 wib
Ilustrasi (google.co.id)

JAMBIDAILY POLITIK-LSM Aliansi Gerakan Pro Keadilan (AGPK) Batanghari, mempersoalkan jabatan Afrizal sebagai Plt Kasubbag Rumah Tangga yang juga sebagai Kepala Seksi Perdagangan di Disperindagkop Batanghari.

"Nah, seorang PNS yang merangkap dua jabatan ini sangat luar biasa, Saya khawatir tidak fokus dalam menjalankan Tupoksinya dan mengelola anggaran negara di rumah dinas Bupati,"kritis aktifis AGPK, Husen, Senin 31 Oktober 2016 kepada awak media.

Apalagi  jika mengacu Peraturan Pemerintah Nomor 47 tahun 2005 tentang Pegawai Negri Sipil (PNS), ada satu pasal menyebutkan PNS yang memegang jabatan Struktural tidak dapat menduduki jabatan rangkap.

"Apa yang dilakukan oleh Afrizal, seperti contoh dalam pelayanan publik tidak begitu maksimal. Dan perlu dikhawatirkan lagi dalam penggunaan anggaran yang dilakukannya di dalam dua jabatan yang dia embannya ini,"ingat Husen.

Untuk itu, AGPK meminta Bupati Batanghari, dapat menyikapi permasalahan ini, karena menyalahi Peraturan Pemerintah.

"Apakah Pemkab Batanghari sudah kekurangan SDM atau PNS yang berkompeten untuk posisi Kasubag Rumah Tangga, sehingga seseorang harus dipaksakan menjabat dua jabatan. Ataukah ada "udang dibalik batu","ungkapnya dengan nada satir.

Terpisah, Sekretaris Disperindagkop Batanghari, Refriyanto, membenarkan, bahwa Afrizal masih menjabat sebagai Kasi Perdagangan di Disprindagkop.

Terkait dengan jabatannya di Plt Kasubag Rumah Tangga, pihak Disprindagkop belum mendapat surat perintah atau surat penunjukannya dari Bupati Batanghari.

Sementara itu, Afrizal mengaku, terkait dengan jabatan sebagai Plt Kasubag Rumah Tangga Setda Batanghari merupakan permintaan dari Ibu Bupati Batanghari, Yuninta Asmara.

"Ya, saya ditunjuk langsung oleh ibu Yuninta dan saya dengan beliau dari dulu hingga saat ini dekat. Apapun persoalan di rumah dinas bupati, pasti ibu meminta saya yang menindaklanjutinya,"jelas Afrizal.(*)

Penulis   : Syahreddy
Editor    :  Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top