Sabtu, 17 November 2018 |
Hukum

Lurah Kampung Laut Diduga Tilep Honor RT dan Petugas Sara

Minggu, 21 Oktober 2018 15:24:00 wib

JAMBIDAILY TANJABTIM - Zeki Lurah Kampung Laut, di Kecamatan Kuala Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), diduga tilep honor RT, RW dan Petugas Sara. 

Pasalnya, hingga kini pihak Kelurahan baru membayar honor tersebut di triwulan pertama selebihnya di triwulan keduan dan ketiga RT, RW maupun Petugas Sara belum menerima honor.

H. Ahmad Rifa'i salah seorang Guru Madin dan Petugas Sara di Kelurahan Kampung Laut mengatakan, untuk honor Guru Madin maupun Petugas Sara itu baru dibayar oleh Kelurahan 4 bulan terhitung dari Januari sampai April 2018.

"Untuk di 2018 ini pegawai sara hanya menerima honor 4 bulan yang selanjutnya, dua triwulan belum dilunasi,"katanya kemarin.

Permasalahan honor Guru Madin dan Petugas Sara lanjutnya, di 2017 lalu itu sempat tidak dibayar selama 8 Bulan. Baru di 2018 ini, honor 8 bulan tersebut dilunasi oleh Kelurahan itu pun, setelah pihak inspektorat turun tangan.

"Mengenai masalah honor madin dan honor pegawai sara di 2017 itu tunggakanya ada 8 bulan, kemudian setelah kami kemarin dipanggil dengan inspektorat ke kecamatan dan seminggu setelah itu sekitar awal 2018 baru dilunasi,"terangnya.

Hamid mantan ketua Rt 01 juga mengungkapkan, persoalan honor di Kelurahan Kampung Laut sering sekali menunggak dan tidak dibayarkan secara penuh. Menurutnya, permasalahan honor ini yang membuat dirinya diberhentikan jadi Ketua RT. 

"Dengan saya sering menanyakan masalah honor akhirnya, saya diberhentikan. Honor saya seharusnya jalan 9 bulan tapi yang saya terima hanya 4 bulan,"katanya kemarin.

Anehnya lagi lanjutnya, pemberian honor RT dan RW di Kelurahan Kampung Laut ini, bervariasi harusnya diterima tiga bulan, tapi dibayarkan ada yang satu bulan dan ada yang menerima dua bulan.

"Saya sekarang sudah diberhentikan terhitung bulan september 2018 tadi, saya diberhentikan itu honor saya 5 bulan belum ada dibayar katanya (Lurah) nanti kalau duit itu dicairkan camat saya bayar begitu katanya,"bebernya.

Sementara itu Lurah Kampung Laut, Zeki mengatakan, untuk honor Rt, Rw dan pengurus masjid memang baru cair 4 bulan terhitung januari sampai april 2018. 

"Terkait honor Rt, RW dan pengurus masjid, baru cair 4 bulan bang, januari sampai april,"katanya melalui pesan WhatssAp yang dikirimnya kemarin.

Menurut warga Lurah Kampung Laut, Zeki dinilai tidak mampu untuk memberikan pelayanan yang baik kepada warganya. Sebab, Ketua Rt yang menjadi ujung tombak bagi pemerintahan tidak dapat bekerja secara maksimal jika honornya tidak dibayarkan.

"Kalau kita terus terang resah semua dibuatnya, Rt itu mana mau bekerja maksimal ke masyarakatnya kalau honornya tidak ada, siapa yang mau bekerja kalau tidak ada honor,"terang Hamid.

Penulis: Hendri Rosta
Editor: Hendry Noesae

KOMENTAR DISQUS :

Top