Minggu, 18 Agustus 2019 |
Pendidikan & Teknologi

Madam Murni, Guru Bahasa Jerman SMAN 1 Jambi, Bertangan Dingin Membina Anak Didiknya

Jumat, 19 Juli 2019 14:55:04 wib

JAMBIDAILY PENDIDIKAN - Pendidik profesional yakni, berkualitas, berkompetensi dan pendidik yang dikehendaki mampu untuk mendatangkan prestasi belajar serta mampu mempengaruhi proses belajar mengajar siswa yang nantinya akan menghasilkan prestasi belajar siswa yang baik (Hamalik,2006:36).

Agaknya hal itu sudah dilakukan oleh Murni Sibarani, S.Pd. guru bahasa Jerman SMAN 1 Kota Jambi. Faktanya, ia sudah dua kali berturut-turut tahun 2018 dan 2019 berhasil mengantarkan anak didiknya mewakili Provinsi Jambi ke tingkat nasional di ajang tahunan Olimpiade bahasa Jerman yang diselenggarakan oleh Goethe Institut Indonesien bekerja sama dengan Ikatan Guru Bahasa Jerman Indonesia (IGBJ).

“Merupakan kebahagiaan dan kebanggaan buat anak didik dan saya bisa berhasil juara di Provinsi Jambi sehingga dapat bertarung dengan wakil pelajar SMA se-Indonesia. Terdiri dari 33 orang guru pembimbing dari 33 provinsi dan 66 orang pelajar se-nusantara,” ujar Murni.

Madam Murni panggilan akrab dikalangan teman sejawat guru dan anak didiknya, lahir di Bandung, 24 Oktober 1983 silam. Buah perkawinannya dengan Tumbur Siagian, saat ini memiliki tiga orang anak.

Kiatnya menjaring anak didik agak berprestasi yaitu, melihat potensi murid dari pembelajaran keseharian di kelas. Kemudian meminta anak didiknya untuk bergabung di tim Olimpiade bahasa Jerman.

“Mereka yang tergabung dalam tim olimpiade diberikan bekal pengetahuan dan latihan terus menerus sampai menguasai materi,” ungkap Ibu dari Julian Siagian.

Lanjutnya, semakin banyak prestasi yang diraih, semoga semakin banyak anak didik yang termotivasi untuk belajar bahasa Jerman. “Mudah-mudahan anak didik yang lain, berminat dan antusias belajar bahasa Jerman,” Jelasnya.

Terakhir, ia meminta doa dari seluruh warga SMAN 1 Kota Jambi bagi anak didiknya yang akan bertarung di bulan September 2019 semoga meraih prestasi maksimal.

“Saya mohon doa dari seluruh warga Smansa, Dinas Pendidikan, dan seluruh warga Provinsi, semoga tim olimpiade bahasa Jerman Jambi meraih gelar juara,” pungkas Murni, alumni UPI Bandung.

Selamat berjuang Madam dan anak didik SMAN 1 Kota Jambi (SB)

KOMENTAR DISQUS :

Top