Rabu, 12 Desember 2018 |
Hukum

Makin Nekat, PETI Mulai Merambah TNKS

Selasa, 19 Mei 2015 10:41:26 wib
ilustrasi.youtube.com

JAMBIDAILY BANGKO-Makin nekat, mungkin itulah melihat kegiatan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) ditengah penertiban yang dilakukan aparat penegak hukum di Merangin.

Bagaimana tidak,  dengan menggunakan alat berat (Eskapator) para pemburu emas ilegal itu sudah merambah kedalam Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS).

Berdasarkan informasi yang dirangkum, para penambang itu menyasar wilayah TNKS akibat dari sulitnya mereka merambah hutan adat. Saat menambang dihutan adat, para penambang terdesak karena ditolak mentah-mentah oleh masyarakat Desa Baru Pangkalan Jambu.

Informasi lainnnya dari sumber yang layak dipercaya, saat ini wilayah yang dirambah para penambang emas tersebut adalah Sungai.

"Para penambang itu kini beralih ke TNKS, disungai Langeh dan Sungai Air Bahan. Ini tentunya jelas melanggar hukum," kata Yuzerman Buyung, yang merupakan warga sekitar lokasi, Senin (18/05).

Buyung menjelaskan, setahu dirinya alat yang sudah masuk tersebut diantaranya adalah milik Fl dan An.

"Ada 6 eskapator yang sudah beroperasi di wilayah tersebut. Kalau dibiarkan ini bisa merusak TNKS," lanjutnya.

Buyung meminta dengan tegas kepada aparat hukum untuk segera mengambil tindakan tegas dan langsung menghentikan aktivitas yang merusak taman nasional itu.

"Hutan Adat, Taman Nasional jelas tidak dibenarkan untuk melakukan aktivitas penambangan. Kami minta aparat hukum tegas dan tangkap para pelaku," tegasnya.

Terpisah, Kapolres Merangin AKBP Munggaran Kertayuda mengaku akan mengecek kebenaran informasi tersebut. Jika memang benar, maka dirinya siap turun langsung menghentikan dan menangkap para pelaku.

"Jangan main-main, saya minta kepada para penambang untuk menghentikan aktivitasnya. Jika tidak tunggu saja akibat dan sanksi hukum yang kami berikan," kata Kapolres.

Sekedar mengingatkan, sebelumnya, para penambang emas ilegal ini juga pernah menjajal wilayah geopark merangin dan membuat Forkopimda Merangin turun ke lapangan bersama Bupati Merangin.

Bahkan dalam satu kesempatan olahraga bersama Kapolda Jambi, Brigjen Pol Bambang Sudarisman mengingatkan aktifitas PETI merupakan salah satu tindak kejahatan yang menjadi prioritas untuk diberantas bersama masyarakat.(jambidaily.com/NZR)

KOMENTAR DISQUS :

Top