Sabtu, 24 Agustus 2019 |
Wisata & Budaya

Malam Apresiasi Seni Melayu Jambi Terkesan Eksklusif,? Ini Penjelasan Didin Siroz

Senin, 07 Januari 2019 13:06:38 wib
Didin siroz/Foto: Ist

JAMBIDAILY SENI, Budaya - Malam Apresiasi Seni Melayu Jambi yang akan digelar malam ini (Senin, 7/01/2018) di Ratu Convention Centre (RCC) adalah salah satu rangkaian yang telah menjadi agenda rutin setiap peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Jambi, namun terkesan Eksklusif dan hanya bisa dinikmati kalangan terbatas.

Kepada jambidaily.com, Didin Sirojuddin S.sn, kepala Taman Budaya Jambi (TBJ) UPTD Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) provinsi Jambi tidak menampik anggapan tersebut namun menyesuaikan tampilan.

"Kalau dulu namanya Malam Keagungan Melayu yang awalnya diselenggarakan Dewan Kesenian Jambi, kini menjadi Malam Apresiasi Seni Melayu Jambi. Kenapa Eksklusif,? karena kita harus memberikan marwah, kegiatan itu marwah melayu nya terasa. Jika ingin digelar di lapangan, itu penonton tidak akan konsentrasi. Penonton hanya melihat atraksi, penonton akan lalu lalang," Jelas Kepala TBJ yang akrab disapa Didin Siroz (Senin, 07/01/2019).

Hal itu lebih pada keterbatasan kapasitas gedung pertunjukkan namun tidak ada larangan bagi masyarakat umum yang ingin menyaksikan Malam Apresiasi Seni Melayu Jambi yang hadir setiap tahun saat momen HUT Provinsi Jambi.

"Karena disebuah gedung, ini dipersilahkan walaupun memang undangan terbatas, penonton umum silahkan datang tidak mungkin kami mengusir penonton yang datang. Cuma kalau dikerahkan itu akan tumpah ruah dan tentunya gedung sangat terbatas," Ungkapnya.

"Kenapa selalu di gedung,? agar dapat konsentrasi dan dapat marwahnya yang akan diangkat. Kalau di luar atau lapangan akan menjadi pesta rakyat, kita heterogen kegiatan semacam ini tidak dapat tersentuh. Misalkan penonton datang ingin menyaksikan dangdutan, lantas ada sajian seni seperti nanti malam tentunya tidak akan memberikan hasil yang baik. Makanya ini menempatkan posisi, sehingga terkesan eksklusif," Pungkas Didin Siroz. 

 


(Hendry Noesae)

KOMENTAR DISQUS :

Top