Jumat, 24 November 2017 |
Kesehatan & Olahraga

Manfaat Gerakan Salat bagi Kesehatan

Minggu, 10 Mei 2015 06:08:36 wib

JAMBIDAILY KESEHATAN-Sholat adalah ibadah utama dalam agama islam. Ibadah sholat inilah yang akan dihisab terlebih dulu kelak di hari perhitungan. Oleh karena itu, sholat adalah tiang agama. Bagaimana bisa agama seseorang menjadi kokoh jika tiangnya saja tidak tegak? Bahkan, meninggalkan sholat dengan sengaja , dalam sebuah hadist Rasulullah, bisa dikategorikan sebagai kafir yang nyata.

Selain sebagai upaya untuk mengingat Allah SWT dan mendekatkan diri kepada-NYA, sholat ternyata juga mengandung banyak hikmah kesehatan. Mulai dari berwudhu, gerakan sholat, sampai dengan salam memiliki makna yang luar biasanya hebatnya, baik untuk kesehatan fisik, mental, bahkan keseimbangan spiritual dan emosional.

Keutamaan Wudhu

Kulit merupakan organ terbesar dari tubuh kita yang fungsi utamanya adalah membungkus tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai ancaman kuman, racun, radiasi, mengatur suhu tubuh, hingga membuang zat-zat tak berguna melalui pori-pori kulit.

Begitu besarnya fungsi kulit, maka kestabilannya ditentukan oleh pH (derajat keasaman) dan kelembaban. Bersuci atau wudhu merupakan salah satu metode menjaga kestabilan tersebut khususnya kelembaban kulit. Karena jika kulit kering, maka akan mudah terinfeksi kuman.

Ketika menonton Cerita Hati di Kompas TV, Uwi (Ustadz Wijayanto) sering bilang jika wudhu itu adalah salah satu hydro teraphy (terapi air). Dengan bersuci, berarti terjadi proses peremajaan dan pencucian kulit, selaput lendir dan juga lubang-lubang tubuh yang berhubungan dengan dunia luar.

Manfaat Takbiratul Ihram

Takbri merupakan latihan awal pernapasan. Paru-paru adalah alat pernapasan. Paru-paru kita terlindung dalam rongga dada yang tersusun dari tulang iga yang melengkung dan tulang belakang yang mencembung.

Takbir berarti kegiatan mengangkat lengan dan merenggangkannya hingga rongga dada mengembang seperti paru-paru. Dan mengangkat tangan berarti meregangnya otot-otot bahu hingga aliran darah yang membawa oksigen menjadi lancar.

Setelah takbiratul ihram, selanjutnya kita meletakkan telapak tangan di atas dada, bukan di posisi perut. Tahukah kamu alasannya? Karena dengan meletakkan telapak tangan di atas dada, kita akan berada pada kondisi bahu kanan-kiri otomatis terangkat dan ketiak sebagai stasiun peredaran getah bening (limfe) akan tetap terbuka. Sehingga peredaran kelenjar limfe ke seluruh tubuh akan optimal. Dimana fungsi getah bening ini adalah sebagai penyaring dan penumpas kuman penyakit yang berkeliaran di dalam darah.

Manfaat Rukuk

Rukuk akan memperlancar aliran darah dan getah bening ke leher, oleh karena sejajarnya letak bahu dengan leher. Aliran akan semakin lancar bila rukuk dilakukan dengan benar, yaitu meletakkan perut dan dada lebih tinggi daripada leher.

Rukuk juga mengempiskan pernapasan. Pelurusan tulang belakang pada saat rukuk dapat mencegah terjadinya pengapuran. Selain itu, rukuk adalah latihan kemih (buang air kecil) untuk mencegah keluhan prostat.

Pelurusan tulang belakang juga akan mengempiskan ginjal. Sedangkan penekanan kandung kemih oleh tulang belakang dan tulang kemaluan akan melancarkan kemih.

Manfaat Sujud

Sujud mengalirkan getah bening dari tungkai perut dan dada ke leher karena lebih tinggi. Dan, meletakkan tangan sejajar dengan bahu ataupun telinga, memompa getah bening  ketiak ke leher. Selain itu sujud dapat memperlancar peredaran darah hingga dapat mencegah wasir.

Gerakan sujud dalam sholat dimana posisi kepala lebih rendah dibanding jantung, sangat bermanfaat terhadap proses suplai darah ke otak. Sehingga secara otomatis melatih daya tahan pembuluh darah di otak agar tak mudah terserang stroke.

Manfaat Duduk di antara dua sujud
    
Duduk di antara dua sujud dalam sholat sangat baik terhadap kekuatan jantung serta sistem sirkulasi darah di seluruh tubuh. Duduk di antara dua sujud pada takhiyat akhir disebut duduk tawaruk.

Duduk tawaruk cukup sulit bagi sebagian orang dan terkadang bisa menimbulkan rasa nyeri. Duduk tawaruk adalah duduk dimana seseorang harus melipat kaki kirinya dan menegakkan telapak kaki kanannya.

Pada saat itu, muscle pumping effect akan memperlancar peredaran darah. Jadi, meskipun sekarang kamu kesulitan melakukannya, usahakan untuk bisa duduk tawaruk secara sempurna.

Manfaat Salam

Gerakan salam yang merupakan penutup sholat dengan memalingkan wajah ke kanan dan ke kiri bermanfaat untuk menjaga kelenturan urat leher. Gerakan ini juga akan mempercepat aliran getah bening di leher ke jantung.

Itulah manfaat gerakan sholat bagi kesehatan kita. Agar kita dapat merasakan manfaat kesehatan dari sholat ini, kita harus melakukan setiap gerakannya secara sempurna dan tumakninah. Caranya yaitu dengan membaca setiap bacaan sholat secara tartil, lebih bagus lagi jika kita bisa menghayati setiap bacaan sholat yang kita baca.

Meski sholat memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan, tapi bukan berarti kita sholat untuk sehat. Niatnya tetap untuk beribadah kepada Allah SWT, karena sholat 5 waktu merupakan ibadah wajib bagi kita umat islam. Jika ingin lebih sempurna baik dari segi pahala dan manfaat kesehatannya, kita bisa menambah ibadah sholat sunnah lainnya.(Vlog)

KOMENTAR DISQUS :

Top