Senin, 21 Mei 2018 |
Ekonomi

Mantap, Bupati Panen Perdana Sawah Tadah Hujan Di Tanjung Bojo

Jumat, 19 Januari 2018 08:47:24 wib

JAMBIDAILY TANJAB BARAT - Bupati Tanjab Barat DR. Ir. H. Safrial, MS panen perdana sawah tadah hujan di lahan sawah Desa Tanjung Bojo Kecamatan Batang Asam Kabupaten Tanjung Jabung Barat Wilayah Kodim 0419/Tanjab Kamis, (18/1).

Panen perdana yang dilakukan oleh Bupati bersama Wabup H. Amir Sakib, Dandim 0419/Tanjab Letkol Arh Hary Sassono Utomo, SH, Distan, Sekcam Batang Asam, dan Kapolsek Tungkal Ulu itu disebagian lahan yang luasnya mencapai 55 Hektar.

Bupati H. Safrial mengungkapkan dirinya mengapresiasi Hasil Padi sawah Tadah hujan. Melihat hasil dari sawah tadah hujan itu, dirinya berharap dapat memacu semangat semua pihak untuk membangun pertanian di Tanjab Barat.

” semoga dengan hasil ini pula Swasempada beras seperti yang kita inginkan semua bisa terwujud,” harap Safrial.

Selain itu Bupati juga menegaskan lahan pertanian yang ada saat ini, jangan dialih fungsikan. ” Buat aturan lahan abadi, jadi tidak boleh lahan untuk pertanian ini dirubah lagi. Karena kita juga butuh pangan, tinggal lagi bagaimana cara kita mensubsidi petani agar mereka senang dalam menanam padi,” sebut Bupati singkat.

Sementara itu Dandim 0419/Tanjab Letkol Arh Hary Sassono Utomo, SH menjelaskan untuk luas lahan Kelompok Tani Usaha Baru ini mencapai 55 Hektar yang ditanam pada bulan Oktober 2017 lalu bekerjasama dengan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

”alhamdulillah hasilnya luar biasa. Dari hasil panen yang telah dilakukan oleh petani padi yang didapat mencapai 4,5 ton ditiap hektarnya,” sebut Dandim.

Dikesempatan yang sama Bupati H. Safrial, MS melakukan Demo menjalankan mesin combine harvester ukuran sedang bantuan APBN Pusat Direktorat Jendral Tanaman pangan kementrian Pertanian di areal sawah yang akan dipanen.

Turut hadir saat panen perdana tersebut, Asisten II Pemkab Tanjab Barat Ir. Amdani, Kadis TPH Tanjab Barat Ir. Zainudin, MM, Kapolsek Tungkal Ulu IPTU Hermanto, Danramil 419-02/Tungkal Ulu Kapten Inf Gunawan beserta Babinsa, Pasiinteldim 0419/Tanjab Kapten Inf Suseno.

Juga Pasiterdim 0419/Tanjab Lettu Inf Zulkarnain, S.H, Kabid Hanpangan DTPH Tanjab Barat Afrizal, SP, Camat Batang Asam Dian Ismail Paripurna, S.Sos, Kades Se Kecamatan Batang Asam, PPL Tanjung Bojo Pak Manurung serta PPL Sek Kecamatan Batang Asam, Kelompok Tani Usaha Baru, Tokoh Agama, Pemuka Adat Para Undangan dan Masyarakat Desa Tanjung Bojo.(Reza)

KOMENTAR DISQUS :

Top