Kamis, 18 Januari 2018 |
Wisata & Budaya

Mantap...Tradisi Lubuk Larangan Desa Kapuk Masih Lestari

Minggu, 02 Agustus 2015 17:14:28 wib
Wakil Bupati Merangin H A Khafid Moein bersama ratusan warga panen ikan di Lubuk Larangan Desa Kapuk (02/08/2015

JAMBIDAILY MERANGIN-Tradisi menjaga ikan di Lubuk Larangan Desa Kapuk Kecamatan Tabir Ilir masih terus terjaga.  Ini terlihat saat Wakil Bupati Merangin H A Khafid Moein, Minggu (02/08) membuka Lubuk Larangan di Sungai Batang Tabir sepanjang satu kilometer itu, dibanjiri ratusan warga.

Warga secara serentak berbondong-bondong mendatangi sungai. Bagi yang laki-laki langsung turun ke sungai menjala ikan, sedangkan para ibu-ibu yang datang membawa bekal nasi, menyiapkan pemanggangan ikan.

"Acara ini sudah menjadi tradisi di Kabupaten Merangin, salah satunya di Desa Kapuk ini. Di bantaran sungai ini tanpak tenda-tenda yang didirikan setiap keluarga warga Desa Kapuk untuk makan bersama anggota keluarga,’’ujar Wabup.

Dikatakan Wabup, tradisi membuka lubuk larangan itu akan terus dilestarikan. Budaya membuka lubuk larangan dengan makan bersama seluruh anggota keluarga itu, sudah menjadi tradisi warga Merangin sejak dulu dan patut dilestarikan.

Wabup yang diundang warga dari satu tenda ke tenda lainnya, tanpak menyalami warganya penuh kekeluargaan. Tak jarang warga menawari Wabup untuk makan bersama dengan berbagai menu, terutama ikan bakar hasil tangkapan.

Agaknya warga sangat bangga memiliki seorang wakil bupati yang sangat merakyat. Apalagi sebagian besar warga mengaku sangat mengenal sosok H A Khafid Moein sejak dulu, karena pernah menjadi Camat Tabir Ilir.

Sebelum pulang, Wabup dan rombongan dijamu makan siang di salah satu pondok ditengah hamparan sawah. Orang nomor dua di jajaran Pemkab Merangin itu mengajak para wartawan dan kru Humas untuk makan bersama.(jambidaily.com/HMS/TEG)

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

Top