Minggu, 25 Agustus 2019 |
Pendidikan & Teknologi

Mantapkan Koordinasi Penanganan Karhutla, Kodim 0419/Tanjab Gelar Gladi posko Satkowil

Rabu, 24 April 2019 14:24:10 wib

JAMBIDAILY KUALA TUNGKAL, Tanjabbar - Untuk memantapkan kesiap-siagaan dan koordinasi dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Kodim 0419/Tanjab, pada 24-26 April 2019 melaksanakan Latihan Posko I di wilayah Tanjab Barat dan Tanjab Timur dengan materi latihan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan bertempat di Aula Makodim 0419/Tanjab, Jalan Beringin, Kel. Patunas, Tungkal Ilir, Kab. Tanjab Barat, Jambi, Rabu (24/4/2019).

Kagiatan dihadiri oleh Danrem 042/ Gapu Kol Arh Elvis Rudi Msc Ss, Dandim 0415/ BTH Letkol Inf Widi Rahman SH, Kasi Ops Korem 042/ Gapu Letkol Inf Yudha Nugraha, Kasi Ter Korem 042/ Gapu Mayor Inf Sunardi, Sekda Tanjab barat Drs H Ambok Tuo MM, Sekretaris BPBD Tanjab Timur, Kabag Ops Polres Tanjab Barat Kompol Pol R. P Nainggolan, Kepala Dinas BPBD Tanjab Barat Drs H Kosasi, Manggala Agni Tanjab Barat/ Timur Moh Junaidi, Dinkes Tanjab Barat Dr Johanes Sitorus.

Komandan Kodim 0419/Tanjab Letkol Inf M Arry Yudistira S.IP M.I.Pol, dalam sambutannya sampaikan ucapan terima kasih atas hadirnya Instansi terkait dalam kegiatan tersebut.

"Terimakasih Kami ucapkan kepada para Instansi terkait yang telah hadir di kodim 0419/ Tanjab  dalam rangka Latposko 1 Satkowil Dim 0419/ Tanjab di jajaran Korem 042/Gapu bertujuan untuk singkronisasi dalam rangka kesiap-siagaan menghadapi bencana kebakaran lahan dan hutan ( Karhutla) di wilayah Kodim 0419/ Tanjab yang terdiri dari 2 (dua) Kabupaten yaitu Kab. Tanjab Barat dan Kab. Tanjab Timur," Ungkap Dandim.

Dandim juga menuturkan bahwa latihan dimaksud agar terus terjalinnya koordinasi tidak hanya antara personel TNI saja namun juga terhadap semua Instansi terkait, sehingga koordinasi dapat berjalan baik

"Kodim 0419/ Tanjab selaku penyelenggara Latposko 1 Satkowil Dim 0419/ Tanjab di jajaran Korem 042/Gapu bertujuan untuk kesiap-siagaan kemantapan dalam menangani kebakaran hutan dan lahan ( Karhutla) serta akan selalu berkoordinasi dengan instansi terkait baik kab. Tanjab Barat maupun Kab. Tanjab Timur," Pungkasnya.

Sementara itu, Komandan Korem 042/Gapu Kolonel Arh Elphis Rudy, mengingatkan ancaman karhutla sangatlah besar kerugiannya tidak hanya faktor kesehatan tetapi dapat juga berimbas pada perekonomian masyarakat

"Saya hadir diLatposko 1 Satkowil Dim 0419/ Tanjab selaku Danlat melatih kodim 0419/ Tanjab dan jajaran utk melaksanakan persiapan dan singkronisasi termasuk Karhutla, karna kita kedepan akan lebih berat dari pada pemilu seperti ancaman kebakaran hutan dan lahan berdasarkan pengalaman yang terdahulu, sehingga sangat besar kerugian dari faktor ekonomi dan kesehatan, Provinsi Jambi salah satu penyumbang kebakaran di tahun 2015 nomor 2 setelah Riau. Gladi posko sangat penting untuk melihat apa-apa saja pelaksanaan dan koordinasinya degan instansi terkait serta sosialisasi yang lebih penting agar tidak terjadi kebakaran karena ulah manusia," Jelas Danrem.

"Agar bisa di cegah secara dini, Jangan sampai lemah dengan melaksanakan deteksi dini pencegahan dini, kita laksanakan gladi posko ini untuk menangani siapa berbuat apa seandai terjadi kebakaran dalam menghadapi deteksi dini agar dilaksanakan secara pararel patroli dan sosialisasi harus sampai kemasyarakat khususnya di daerah yang rawan kebakaran lahan dan hutan apabila ada yang membakar akan dilaksanakan sesuai dengan jalur hukum yang berlaku," Pungkas Danrem. (Pendim 0419/Tjb)

 

KOMENTAR DISQUS :

Top