Minggu, 21 April 2019 |
Kesehatan & Olahraga

Masih Manual, Pengelolaan Sampah Plastik di Tanjabtim Belum Maksimal

Minggu, 17 Maret 2019 19:48:14 wib
ilustrasi

JAMBIDAILY TANJABTIM - Minimnya fasilitas pendukung dan terkendala pemasaran, pengelolaan sampah limbah plastik di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) masih belum menemukan solusi.

Hampir setiap Kabupaten Kota memiliki permasalahan tersendiri dalam menyikapi permasalahan sampah. Diantaranya pengelolaan limbah plastik yang diketahui sangat sulit untuk dapat terurai dengan sendirinya.

Dikatakan Kabid Pengolahan Sampah dan Limbah B3 Dinas LH Tanjabtim Al Fajri mengatakan, dalam melakukan penanganan limbah plastik di pihaknya masih menggunakan cara manual. Diantaranya dengan memilah sampah organik dan non organik secara manual baik di TPA maupun pada saat pengangkutan.

“Kalau untuk limbah sampah organik tidak terlalu masalah dari dulu kita sudah bisa mengolahnya menjadi pupuk. Namun untuk sampah plastik hingga saat ini kita belum menemukan cara taktis untuk pengolahan,” Katanya.

Dalam melakukan pengolahan limbah sampah plastik sendiri, saat ini pihaknya hanya dapat melakukan pengumpulan dan memisahkan sampah jenis plastik untuk selanjutnya dibawa ke Jambi dijual. Mengingat untuk di TPA Tanjabtim sendiri belum memiliki alat untuk pengolahan sampah plastik.

Selain cara manual, pada tahun ini untuk pengolahan sampah limbah plastik pihaknya mengajukan pengadaan mesin penghancur sampah. dimana sampah plastik yang ditampung, dihancurkan, dicacah terlebih dahulu sebelum dijual.

Untuk pengadaan mesin penghancur sampah plastik tersebut, pada tahun ini masih dalam proses pengajuan CSR ke PetroChina International Jabung Ltd, dan tanggapan dari pihak PetroChina juga positif seperti pada tahun sebelumnya sudah dibantu mesin pengomposan dan alat pengepresan.

“Mudah mudahan tahun ini segera terealisasi, dan dapat mengurangi limbah plastik di Tanjab Timur,” tuturnya. 

 

Penulis: Hendri Rosta
Editor: Hendry Noesae

KOMENTAR DISQUS :

Top