Sabtu, 17 November 2018 |
Nasional

Masuk Kawasan Karhutlah, Inilah "Perintah" Menteri KLH dan Kapolri Untuk Jambi

Jumat, 26 Agustus 2016 10:20:14 wib
Wagub dan Kapolda Jambi ikuti Teleconfrence dengan Menteri KLH dan Kapolri

JAMBIDAILY NASIONAL-Sebagai salah satu wilayah kebakaran Hutan dan Lahan, Pemprov dan Polda Jambi mendapat arahan (perintah-red) dari Menteri Kehutanan Lingkungan Hidup (KLH) dan Kapolri.

"Kita sepakat dengan pemerintah pusat untuk menindak tegas siapa yang membakar lahan dengan segaja yang mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan. Ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku,"tegas Wagub Jambi, Dr. Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum, kepada sejumlah wartawan, usai menghadiri Video Conference mendengarkan arahan dari Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH) Siti Nurbaya Menteri, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Puan Maharani, Kapolri RI Jenderal Tito Karnavian, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Andi Eka Sakya dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei.

Video Conference dilakukan dari Mabes Polri, Kamis 25 Agustus 2016 itu diikuti delapan Polda, membahas penanganan Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), diikuti juga Kapolda Jambi Brigjend Pol. Drs, Yazid Fanani, MSi, para bupati/walikota se-Provinsi Jambi dan Kepala BPBD se-Provinsi Jambi, di ruang Teleconference Polda Jambi.

"Dalam pembahasan tadi juga dibicarakan untuk pemerintah daerah mengambil langkah-langkah apa saja yang sudah dilakukan dan apa hambatan serta rekomendasi kedepannya apa atau rencana kedepannya,"papar Wagub.

Untuk itu, Wagub mengajak masyarakat di Provinsi Jambi untuk berkerja sama dengan pemerintah dalam mengatasi pembakaran hutan dan lahan.

"Saya mengajak masyarakat di Provinsi Jambi untuk berkerja sama membantu pemerintah mengatasi pembakaran hutan dan lahan. Jangan ada lagi yang membakar hutan dengan sengaja, karena sangat merugikan orang banyak," pungkas Wagub.

Sementara itu Kapolda Jambi Brigjend Pol. Yazid Fanani menjelaskan, banyak kasus kebakaran hutan dan lahan yang dibahas, misalnya, berapa banyak pelaku, baik dari koorporasi maupun individu yang sudah ditangkap di daerah yang mengalami kebakaran hutan dan lahan.

"Sanksi bagi pembakaran hutan dan lahan yang terbukti melakukan kebakaran dengan sengaja sudah jelas ada,"tandas Kapolda.(*)

Penulis  : Sapra Witani
Foto      : Kamarul Zaman
Editor    : Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top