Kamis, 16 Agustus 2018 |
Pendidikan & Teknologi

Memakai Kosmetik Saat Hamil, Aman Tidak?

Minggu, 15 April 2018 10:50:31 wib
Ibu Hamil/Copyright Shutterstock

JAMBIDAILY KELUARGA, Pendidikan - Wanita dan kosmetik adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Namun saat sedang hamil sering timbul rasa khawatir, apakah boleh memakai kosmetik saat hamil? Pertanyaan itu wajar, saat hamil tentu ingin memberikan yang terbaik untuk si kecil bukan? Namun mom tidak perlu gelisah, saat hamil mom tetap boleh menggunakan kosmetik loh.

Namun yang perlu diingat, mom tetap perlu memperhatikan produk kecantikan yang harus dihindari karena kandungannya berbahaya bagi kesehatan mom dan janin yang ada dalam kandungan. Produk kecantikan yang mengandung bahan berbahaya seperti merkuri, asam retinoat, dan asam salisilat berbahaya bagi kesehatan mom.

Penghentian sementara kosmetik tertentu dilakukan untuk melindungi kesehatan janin. Ada beberapa bahan kosmetik yang aman, namun tidak demikian saat wanita sedang hamil. Sebaiknya bedah meja rias mom dan pilah mana kosmetik yang bisa dipakai, mana yang tidak.

Obat Jerawat

Separah apapun jerawat mom, sebaiknya hindari menggunakan obat jerawat. Beberapa obat jerawat mengandung retinoid, retinol atau asam salisilat yang berbahaya bagi kesehatan janin. Untuk mengatasi masalah jerawat, akan lebih baik jika mom menggunakan bahan alami, misalnya mengoles air tomat, lemon atau bawang putih.

Krim Pemutih

Selama hamil sebaiknya hindari menggunakan krim pemutih. Krim ini biasanya mengandung merkuri yang dapat membahayakan kesehatan janin. Menyisihkan krim pemutih yang biasa mom pakai tidak ada salahnya dilakukan.

Segala Yang Berbau Wangi Tajam

Kosmetik, parfum bahkan deodoran sebaiknya mom hindari selama hamil. Produk yang mengandung wewangian bisa menjadi racun bagi kandungan. Sebaiknya hindari wewangian saat hamil, terlebih lagi parfum suntik atau parfum abal-abal.

Bahan berbahaya yang terkandung pada kosmetik dapat terserap oleh tubuh melalui pembuluh darah, jadi akan membahayakan janin yang ada dalam kandungan. Jadi, hati-hati menggunakan kosmetik saat hamil ya mom.

(vem/apl)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top