Selasa, 11 Desember 2018 |
Profil & Tokoh

Memorial 28 Tahun Tokoh Media Jambi, Eri Argawan: Syamsul Watir Buat Saya Kenal Teater

Senin, 23 Juli 2018 19:58:32 wib

JAMBIDAILY TOKOH - Tanpa terasa sudah 28 tahun meninggalnya Syamsul Watir, tepatnya 13 September 1990 di Jakarta dalam menggurus proses peningkatan Mingguan Independent menjadi Harian Independent.

Banyak kenangan Almarhum sebagai Wartawan, ternyata juga pengiat seni di Jambi. Salah satu Seniman sempat kenal dekat adalah Eri Argawan yang saat ini dikenal Giat berkecimpung di seni tari.

"Saya pertama kali mengenal Teater dari garapan Alm Syamsul Watir, seingat saya itu tahun antara tahun 1985-1986 dalam naskah Masyitoh," kata Ery Argawan mengenang masa lalu. 

Garapan ini dipersiapkan untuk Festival teater tradisional Nusantara di Taman Ismail Marzuki Jakarta, ikut dalam penggarapan saat itu adalah alm Rumsi Rizal, Nawawi Ismail, Bayu Sunyoto, Eri Argawan, Rosa Ubaidillah.

"Alm Marthias bersama Alm Syamsul Watir, kami sering keluar membawa misi kesenian yang tergabung dalam Pusat Latihan Kesenian binaan Kanwil Depdikbud saat itu, beliau selalu ikut dan meliput kegiatan menjadi berita daerah dan nasional," Kata Eri Argawan mengenang masa lalu.

Bersama beliau juga aktif di BKKNI provinsi Jambi yang diketuainya sekitar tahun 1987 dan melaksanakan beberapa kegiatan kesenian yaitu pergelaran dan pameran dengan melibatkan Seniman senior di Jambi diantaranya Alm Arifin Achmad dan Bonarti
Lubis. (saw) 

 

Editor: Hendry Noesae

KOMENTAR DISQUS :

Top