Senin, 22 Oktober 2018 |
Wisata & Budaya

Mengenal Pakaian Khas Lebaran di Tiap Negara

Kamis, 21 Juni 2018 09:02:58 wib
Ilustrasi Lebaran

JAMBIDAILY BUDAYA - Hari Raya Idul Fitri identik dengan pakaian terbaik yang dikenakan oleh seluruh umat muslim di dunia. Persiapan pakaian untuk Lebaran di berbagai belahan dunia, tentunya memiliki ciri khas yang berbeda-beda.

Setiap negara memiliki kebudayaan pakaian daerah tersendiri dengan khasnya masing-masing. Pada saat acara-acara nasional, seperti Lebaran ini, biasanya pakaian tradisional digunakan. 

Berikut pakaian khas Lebaran yang dikenakan oleh umat muslim di berbagai belahan dunia dikutip dari laman Islamic Finder.

1. Pakistan

Pria dan wanita biasanya mengenakan pakaian tradisional yang dikenal dengan nama Shalwar Kameez. Pakaian tradisional ini memiliki detail yang khas dan cukup rumit atau tambahan bordir.

2. Indonesia

Masyarakat Indonesia dikenal dengan pakaian tradisionalnya yaitu Kebaya. Namun, saat ini baju muslim lebih banyak diminati untuk dikenakan saat Hari Raya tiba.

3. Palestina

Wanita di Palestina mengenakan pakaian tradisional dengan detail bordir merah yang khas dan dihiasi payet seperti cermin kecil. Gaun tersebut dikenal dengan nama Thube.

4. Kosovo

Anak-anak juga mengambil bagian untuk tampil menawan di Hari Raya Idul Fitri. Di Kosovo, pakaian anak biasanya mengenakan waistcoats berwarrna hitam dengan detail pola berwarna emas dan tambahan dasi kupu-kupu. Lucu, ya!

5. Malaysia

Di Negeri Jiran ini, kaum wanita cenderung mengenakan pakaian dengan warna yang mencolok. Biasanya pakaian yang dikenakan adalah gaun panjang dengan hijab.

 


(VIVA.co.id)

KOMENTAR DISQUS :

Top