Sabtu, 04 April 2020 |
Pendidikan & Teknologi

Mengenang sejarah, Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ gelar nonton bareng film G30S/PKI

Selasa, 01 Oktober 2019 19:36:56 wib

JAMBIDAILY BELU -  Personil Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ melaksanakan nonton bareng (Nobar) film G 30S/PKI di Lapangan Mako Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ Atambua dan pos-pos yang tersebar di sepanjang sektor timur perbatasan RI-RDTL.

Hal ini sampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Mayor Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M di Mako Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Atambua NTT, Senin (30/9/2019).

Diungkapkan Dansatgas, ini merupakan sikap kita untuk menghargai jasa para pahlawan revolusi dan mengenang sejarah kejadian G30S/PKI yang terjadi pada masa lampau sehingga para penerus Bangsa akan dapatkan gambaran sebenarnya tentang kejadian yang mengakibatkan beberapa jendral TNI tersebut, menjadi korban kekejaman gerakan 30 September yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia, atau yang lebih dikenal dengan G30S/PKI.

"Kegiatan ini sendiri dipimpin oleh saya selaku Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ, Mayor Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M dan disaksikan oleh seluruh anggota yang berada di Mako Satgas ini, dan untuk pos-pos yang tersebar di sepanjang garis perbatasan timur Indonesia, nonton bareng (Nobar) film G30S/PKI dilaksanakan di pos mereka dan dipimpin oleh Komandan Pos masing-masing," ujar Mayor Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M.

"Sebagaimana kita ketahui, selain mengorbankan nyawa beberapa jendral TNI, gerakan 30 September yang dilakukan oleh PKI juga bertujuan untuk mengganti dasar NKRI yaitu Pancasila menjadi Komunis," imbuhnya.

Seperti yg dilakukan Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ, lanjut Mayor Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M, yang memberikan gambaran kepada seluruh personel Satgas Pamtas ini tentang kejadian pada masa lalu.

"Apalagi kami semua dilahirkan setelah kejadian tahun 1965, jangan sampai nanti fakta sejarah diputar balikkan oleh oknum-oknum tertentu yang memiliki suatu kepentingan," terangnya lebih lanjut.

Dengan adanya kegiatan nonton bareng film G30S/PKI ini diharapkan tertanamnya nilai-nilai sejarah dalam diri personel Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ sehingga jasa-jasa para pahlawan Revolusi tetap dikenang selamanya dalam diri prajurit TNI khususnya dan seluruh rakyat Indonesia umumnya.

Prada Rudi yang kesehariannya bertugas di Staf Teritorial menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Dansatgas, sehingga tergelarnya acara nonton bareng film G30S/PKI tersebut.

"Kami melaksanakan nonton bareng film G30S/PKI selama 4,5 Jam sampai dengan selesai, sehingga kami dapat mengetahui kejadian sebenarnya yang terjadi pada masa lalu," ucapnya.

Dengan menyaksikan film G30S/PKI kita dapat mengetahui sejarah pada masa lalu sehingga kejadian seperti ini jangan sampai terulang kembali di Negara Kesatuan Republik Indonesia, tentunya dengan kita menanamkan rasa nasionalisme sehingga tercipta Kesatuan dan Persatuan dalam Berbangsa dan Bernegara.

KOMENTAR DISQUS :

Top