Rabu, 22 November 2017 |
Kesehatan & Olahraga

Mengetahui Gejala Kanker Mulut Rahim

Minggu, 03 Mei 2015 08:46:02 wib

JAMBIDAILY KESEHATAN-Kanker Serviks merupakan penyakit ganas yang menyerang wanita, dan disebabkan karena virus yang disebut human papilloma virus onkogenik atau HPV. Bagi para wanita yang terkena penyakit ini, maka penanganan yang tepat bisa termasuk operasi, kemoterapi, dan juga radioterapi, terutama jika penyakit sudah bertambah parah. Mengingat betapa berbahayanya penyakit ini, maka bagaimana kita bisa mengenal gejala kanker mulut rahim, terutama pada saat awal?

Hal yang sangat patut untuk diperhatikan adalah, bahwa ciri-cirikanker mulut rahim di tahap awal itu nyaris tidak ada. Inilah hal yang sebenarnya sangat mengkhawatirkan, karena sulit bagi orang awam yang jarang melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui apakah dirinya menderita penyakit ini atau tidak. Jika sudah terlihat tanda-tandanya, seperti pendarahan yang keluar dari organ intim di saat sudah menopause, pendarahan setelah berhubungan seksual, dll., maka itu berarti penyakit yang diderita sebenarnya sudah memasuki stadium lanjut, dan bisa berakibat sangat fatal jika tidak diobati.

Karena gejala kanker mulut rahim di tahap awal tidak bisa dideteksi tanpa bantuan dokter, maka sebagai wanita sangatlah penting untuk rutin melakukan pemeriksaan. Cara yang paling mudah adalah dengan melakukan Tes Pap atau Pap Smear, yaitu tes yang digunakan untuk melihat sel-sel yang ada di dalam serviks. Tes ini tidak menyakitkan, dan bisa dilakukan untuk melihat adanya perubahan janggal yang terjadi pada serviks.(Vlog)

KOMENTAR DISQUS :

Top