Senin, 22 Oktober 2018 |
Pendidikan & Teknologi

Menjadi Orangtua Tidak Mudah, Berikut Musuh Besar Saat Mengasuh Anak

Sabtu, 23 Juni 2018 07:09:30 wib
Anak/copyright unsplash.com/@jamesmayer

JAMBIDAILY PENDIDIKAN - Menjadi orangtua adalah idaman setiap orang. Mendidik anak menjadi orang yang dapat diandalkan di masa depan. Tapi, tahukah mom jika menjadi orangtua tidak mudah. Mengasuh anak memiliki tantangan dan seringkali melewatkan hal-hal penting karena terlalu mementingkan ego.

Mom, berikut ini adalah hambatan yang sering dianggap sepele namun menjadi musuh utama dalam mengasuh anak. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Terlalu Sibuk dengan Handphone

Saat bermain bersama dengan anak, usahakan untuk menjauhkan handphone dengan jangkauan mom. Fokus kepada anak. Mungkin mom sering mengeluhkan si kecil yang cuek kepada mom, namun tanpa sadar mereka meniru apa yang ia lihat. Mulai sekarang matikan handphone lalu fokus kepada si kecil.

2. Enggan Mendengarkan Cerita Si Kecil

Karena alasan sibuk, mom sering tidak mendengarkan cerita si kecil. Jangan heran jika si kecil akhirnya menjadi lebih cuek kepada mom. Luangkan waktu sejenak untuk mendengarkan cerita si kecil, tunjukkan jika mom ada untuk mereka.

Jangan buru-buru marah saat anak bercerita, dengarkan dengan seksama. Mereka juga seperti mom yang ingin didengarkan. Dengarkan isi hati dan keluh kesahnya.

3. Malas Mendampingi Anak Belajar

Berharap anak menjadi anak yang pintar namun semua urusan belajar diserahkan kepada guru dan sekolah. Sesibuk apapun mom usahakan untuk mendampingi si kecil belajar. Hal ini dapat membantu membangun kedekatan emosional mom dengan si kecil.

Mom, demikian 3 hal yang menjadi musuh utama saat mengasuh anak. Yuk, mulai peka. Perlakukan anak seperti mom ingin diberlakukan. Selamat menjadi orangtua yang bijak dan tidak mementingkan ego. Semoga informasi ini bermanfaat.


(vem/apl)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top