Rabu, 22 November 2017 |
Wisata & Budaya

Menjajak Kemegahan Candi Padang Roco Dharmasraya

Minggu, 26 Juli 2015 10:13:26 wib
Candi Roco Dharmasraya (Copyright tempatwisataterindah)

JAMBIDAILY WISATA-Sebagai bagian dari jejak kejayaan kerajaan melayu di Pulau Sumatera, di Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat terdapat Candi Padang Roco Dharmasraya.

Konon candi yang menjadi kebanggaan warga Dharmasraya itu terletak di Jorong Sungai Langsek, Kenagarian Siguntur, Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya.

Kemegahan Candi Padang Roco Dharmasraya merupakan bukti bahwa dulu wilayah Dharmasraya adalah tempat pemerintahan pusat sehingga banyak candi – candi yang dibuat sebagai tempat ibadah raja, keluarga maupun rakyatnya tempat lainnya.

Candi ini terdiri dari 4 buah candi yaitu candi padang roco I, II, III, dan IV.

•Candi Padang Roco Dharmasraya I terbentuk dari batu bata yang luasnya 21 m x 21 m ketinggian candi ini 90 cm serta pada bagian tengah sekitar 3 m. Candi mempunyai pintu tangga masuk  sisinya dengan orientasin campuran barat daya dan timur laut

•Candi Padang Roco Dharmasraya II juga sama terbentuk dari batu bata akan tetapi perbedaannya bujur sangkar yang luasnya 4,40 m x 4,40 m. Untuk tingginya 1,28 m. Pintu tangga masuknya menghadap barat sehingga menimbulkan orientasi campuran barat daya dan timur laut

•Tempat wisata daerah Candi Padang Roco Dharmasraya III, sama terbuat dari bata. Akan tetapi berbeda dengan candi lainnya, candi ini terdiri 3 undakan / tangga. Undakan pertama terletak paling atas sendiri dengan ukuran 2 m x 2 m. Undakan kedua terletak pada tengahnya.

•Untuk Candi yang terakhir ini sekarang berupa reruntuhan bata di belakang sudut Candi Padang Roco Dharmasraya II.

Penasaran??? (*/SUS)


Sumber:Vlog/tempatwisataterindah.com

 

KOMENTAR DISQUS :

Top