Kamis, 02 April 2020 |
Nasional

Menlu Koordinasi ke Jepang soal Evakuasi 75 WNI di Kapal Pesiar

Selasa, 18 Februari 2020 15:06:17 wib
Foto: Menlu Retno Marsudi (Agung Pambudhy/detikcom)

JAMBIDAILY NASIONAL - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan pemerintah berencana akan mengevakuasi 75 WNI yang menjadi kru kapal pesiar Diamond Princess di Jepang. Retno mengatakan pemerintah akan berkoordinasi dengan Jepang dan perusahaan kapal.

"Selanjutnya yang saya sampaikan opsi evakuasi sejak awal dibuka dan kita terus menerus akan melalukan koordinasi baik dengan otoritas di Jepang maupun dengan perusahaan kapal tersebut," ujar Retno di Kemlu, Jalan Taman Pejambon, Jakarta Pusat, Selasa (18/2/2020).

Retno mengatakan 75 WNI yang negatif corona itu adalah kru Diamond Princess. Sehingga pemerintah akan berkomunikasi dengan perusahaan kapal.

"Sekali lagi ini ada unsur perusahaan yang juga harus kita terus lakukan koordinasi dan komunikasi dengan mereka," kata dia.

Lebih lanjut, Retno mengatakan pemerintah akan memberikan perhatian kepada semua WNI. Dia juga memohon doa kepada masyarakat Indonesia.

"Yang ingin saya yakinkan adalah dari sejak awal pemerintah memberikan perhatian yang besar kepada semua kasus yang menyangkut warga negara Indonesia kita lakukan komunikasi dan koordinasi kepada otoritas dalam hal ini Jepang dan juga perusahaan dan kita akan terus berupaya memberikan hal yang terbaik bagi WNI kita. Jadi kita terus mohon doa teman-teman," jelasnya.

Diketahui sebanyak 78 WNI yang menjadi kru kapal Diamond Princess menjalani karantina di Pelabuhan Yokohama, Jepang sejak 5 Februari 2020. Berdasarkan informasi terakhir, 3 orang WNI dinyatakan positif corona.


(lir/gbr)/detik.com

KOMENTAR DISQUS :

Top