Selasa, 23 Oktober 2018 |
Pendidikan & Teknologi

Menristek Dikti RI Dukung Pengembangan Politekni Negeri Jambi

Sabtu, 23 Mei 2015 01:35:26 wib

JAMBIDAILY PENDIDIKAN-Menteri Ristek dan Teknologi Pendidikan Tinggi M.Nasir  menyatakan bahwa Kementrian Ristek Dikti siap mengawal (mendukung) pengembangan Politeknik Negeri Jambi.

Pernyataan ini disampaikannya saat meninjau SMKN Pembangunan Pertanian di Jembatan Emas, Kabupaten Batanghari. Jumat (22/05). Turut mendampingi Menteri yaitu Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H.Ridham Priskap,SH,MH,MM, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Rahmad Derita.

Menristek juga telah menerima proposal dari pemerintah Provinsi Jambi untuk pendirian Politeknik Negeri Jambi. “Untuk  politeknik negeri Jambi yang akan didirikan di Jambi ini akan coba kami bicarakan melalui pendikdinya pendidikan di luar domisilinya Politeknik Negeri lain dan akan difasilitasi oleh Gubernur, Saya dukung setiap program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, dan itu harus terus didorong, karena dengan persaingan saat iini dibutuhkan sumber daya manusia yang kompetitif dan harus mempersiapkan diri dengan baik dan berjuang keras dengan dilandasi dengan niat dan komitmen yang tinggi”ungkapnya.

Disampaikan Menristek Dikti bahwa setelah melihat langsung lokasi dari SMKN Pembangunan Pertanian yang dinilai sangat potensial untuk dikembangkan menjadi Politeknik Jambi yang memfokuskan pada program pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan.

“Saya melihat lokasi yang sangat luas yaitu 68 ha, dan jika dikembangkan menjadi politeknik pasti akan sangat menopang pertumbuhan pendidikan di provinsi Jambi, sehingga nantinya potensi pendidikan di Jambi tidak lagi lari ke luar tetapi sudah dimiliki sendiri oleh Provinsi Jambi, dengan lahan seperti ini akan sangat baik bagi pengembangan politeknik yang berbasis pertanian, perkebunan, juga peternakan sehingga nanti segala teknologinya juga bisa dikembangkan”ucap Menteri.

Menristek menekankan bahwa yang harus dilakukan pemerintah saat ini adalah mempersiapkan infrastruktur dan sumber daya/tenaga pengajar.

“Siapkan infrastruktur dan tenaga pengajar, jangan nanti menumpang di SMK, pagi SMK sore digunakan untuk politeknik itu melanggar peraturan, jadi harus siapkan dulu gedungnya, nanti akan kita lihat dan kawal bersama”katanya.

Sebelumnya Menristek Dikti juga menjelaskan pengembangkan potensi techno park di Provinsi Jambi.  Dijelaskan Menristek bahwa melalui perbincangan dengan Gubernur Jambi dapat diketahui potensi yang dapat dikembangkan di Provinsi Jambi untuk dapat menopang ketahanan pangan di Indonesia.

“Tadi saya sudah bicara dengan bapak Gubernur bagaimana mengembangkan techno park di Jambi yaitu dimana kita lihat potensi perkebunan karet dan sawit yang cukup tinggi, juga peternakan sekarang bagaimana menghilirsasikan hasil-hasil perkebunan tersebut kita kembangkan karena ini akan dapat berpengaruh kepada swasembada pangan maka terobosan-terobosan tersebut perlu kita lakukan untuk mencapai swasembada pangan”ungkap Menteri.

Sementara itu sebelumnya pada acara Dies Natalis ke-52 dan wisuda ke-68 Program Magister Profesi, Sarjana dan Diploma Universitas Jambi semester genap tahun akademik 2014/2015 Gubernur Jambi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jambi menyatakan bahwa pemerintah provinsi Jambi telah melaksanakan berbagai program dalam kerangka peningkatan SDM. “Upaya perluasan akses pendidikan melalui beasiswa umum dan samisake, diharapkan mendorong semangat masyarakat Jambi menyelesaikan pendidikannya sampai jenjang tertinggi”ungkap Gubernur.

Pemerintah daerah sampai tahun 2014 telah menyalurkan bantuan beasiswa umum dan samisake tersebut sebesar 102,42 milyar rupiah.
“Selain itu, peningkatan kuantitas dan kualitas pendidikan dasar dan menengah, peningkatan kompetensi tenaga pendidik, bantuan biaya pendidikan dan penelitian bagi dosen PTN dan PTS, bantuan sarana dan prasarana pendidikan serta menjalin berbagai kerjasama pendidikan juga menjadi kebijakan yang diprioritaskan pemerintah daerah”ujarnya.(jambidaily.com/MAR/ADV)

KOMENTAR DISQUS :

Top