Sabtu, 20 Januari 2018 |
Peristiwa

Mensos RI Siap Hadiri HLUN 2017 dan Bedah Rumah Lansiadi Merangin

Jumat, 05 Mei 2017 23:16:10 wib
Bupati Merangin H Al Haris memimpin rapat persiapan HLUN 2017

JAMBIDAILY PERISTIWA-Menteri Sosial Republik Indonesia Khofifah Indar Parawansa dipastikan akan menghadiri acara peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), yang digelar di Kabupaten Merangin pada 15 Mei 2017 mendatang.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Merangin H Al Haris pada rapat akhir persiapan acara HLUN di Ruang Pola Dua Kantor Bupati Merangin, Jumat (05/5/2017) yang dihadiri puluhan perwakilan instansi terkait.

‘’Pak Wabup H Khafid Moein telah menemui beliau dan Ibu Mensos menyatakan siap hadir dan mendukung sepenuhnya peringatan HLUN yang dipusatkan di Kabupaten Merangin,’’terang Bupati.

Warga Merangin lanjut bupati, patut berbangga karena daerahnya ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan peringatan HLUN tingkat nasional. Sebab banyak provinsi dan kabupaten/kota yang menginginkan kegiatan ini dilaksanakan di daerahnya.

Lebih lanjut ditegaskan bupati, penilaian penunjukan tuan rumah pelaksanaan HLUN memiliki banyak aspek. Merangin ditunjuk karena sudah jauh membina orang lanjut usia (Lansia).

‘’Kita dinilai telah banyak melakukan pembinaan Panti Jompo yang tersebar di setiap kecamatan dalam Kabupaten Merangin. Angka harapan hidup kita sekarang mungkin terbaik karena memiliki lansia yang berumur 129 tahun,’’jelas Bupati.

Pada acara peringatan HLUN itu jelas bupati, nanti akan ada penerimaan secara simbolis program bedah rumah lansia untuk lima kabupaten dari lima provinsi di Indonesia.

Kabupaten yang akan mendapatkan bantuan bedah rumah lansia itu, Kabupaten Toli-toli Provinsi Sulawesi Tengah, Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur,  Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkuli.

Selain itu, Kabupaten  Pidi Provinsi Aceh dan Kabupaten Masuki Kabupaten Lampung. ‘’Nanti Ibu Mensos juga akan meninjau bedah rumah di Talang Kawo dan di kawasan Jam Gento,’’terang Bupati.

Mensos juga akan mengunjungi pemukiman Suku Anak Dalam (SAD) dan komunitas Lansia di Desa Sialang dan Desa Pauh Menang. Nanti juga akan dilakukan senam lansia massal.

Menariknya nanti juga akan ditampilkan berbagai kesenian Kabupaten Merangin yang akan dimainkan oleh para lansia. Para lansia yang akan menghadiri peringatan HLUN sekitar 800 orang.(*)


Laporan   : Teguh (HMS)

KOMENTAR DISQUS :

Top