Jumat, 24 Mei 2019 |
Peristiwa

Menyimpang Dari Waktu yang Ditentukan, Pamsimas di Desa Sungai Rambut Molor

Minggu, 30 Desember 2018 12:46:25 wib
JAMBIDAILY TANJABTIM - Pekerjaan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Tahun Anggaran 2018, di Desa Sungai Rambut, Kecamatan Berbak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), molor dari waktu yang sudah ditentukan.

Berdasarkan data dilapangan jumat tanggal 28 Desember 2018, pekerjaan bangunan pamsimas di Desa Sungai Rambut baru pada tahap progres pembuatan menara air. Sementara untuk komponen lain seperti bangunan penangkap air, bangunan pengambilan air baku, bangunan sumur gali, bangunan sumur dalam atau rumah pompa, dan lain-lain belum tampak dikerjakan.

Kepala Desa Sungai Rambut, Ramli saat dikonfirmasi via WhatshApp dan via telphone bungkam dan enggan menanggapi masalah molornya pengerjaan pamsimas tersebut.

Sementara Kabid Dinas Perkim, Fadli dikonfirmasi mengakui, jika dalam pekerjaan pemsimas tersebut ada penyimpangan dari waktu yang sudah ditentukan sebelumnya.

"Memang ada deviasi pelaksanaan pekerjaan dari jadwal seharusnya, dan berdasarkan informasi terakhir dilapangan progresnya sudah mencapai 98 persen,"kata Fadli via WhatsApp kepada jambidaily.com (28/12/2018).

Lanjutnya, dengan mempertimbangkan azas manfaat hasil dari pekerjaan itu dan berdasarkan permintaan dari Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM), maka Dinas Perkim memberi KKM kesempatan untuk menyeselesaikan pekerjaan hingga 100 % persen. Meski pekerjaan tersebut ada penyimpangan dari waktu yang ditentukan.

"Sesuai dengan juknis program dan peraturan yang berlaku serta dengan mempertimbangkan permintaan dari KSM dan azas manfaat tehadap hasil pekerjaan itu sendiri, maka KSM diberi kesempatan utk menyelesaikan pekerjaan hingga 100%,"tukasnya.

Seperti diketahui, proyek pamsimas menggunakan pembiayaan sharing dana dari anggaran APBN sebesar Rp 245 juta rupiah, APBDes sebesar Rp 35 juta rupiah dan dari kontribusi masyarakat baik incash sebesar Rp 14 juta rupiah serta inkind sebesar Rp 56 juta rupiah. Total pembiayaan pekerjaan pamsimas sebesar Rp 350 juta rupiah.

Pelaksanaan pengerjaan pamsimas dikerjakan oleh Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) dan Satuan Pelaksana Program Penyediaan Air minum dan sanitasi berbasis masyarakat III (Pamsimas III).

Penulis : Hendri Rosta//Editor : Hendry Noesae

KOMENTAR DISQUS :

Top