Jumat, 21 September 2018 |
Wisata & Budaya

Menyusuri Rekam Jejak Seorang Syamsul Watir, Hadiri Pameran 'Sang Pionir' di Museum Siginjei Jambi

Selasa, 11 September 2018 20:02:22 wib

JAMBIDAILY SENI, Budaya - Untuk mengenang Syamsul Watir Ke-28, digelar pameran di Museum Siginjei kota Jambi yang akan berlansung 13 September 2018 hingga 13 Januari 2019.

Pameran bertajuk "Memaknai Semangat Sang Pionir, Menghadirkan Masa Lampau Mengundang Masa Depan" tersebut menyajikan koleksi-koleksi milik Syamsul Watir, baik itu foto, ada juga mesin cetak, buku-buku, koran terbitkan 1975, bahkan Motor yang pernah dimilikinya.

Sosok Syamsul Watir yang selama ini lebih dikenal oleh kalangan Jurnalis sebagai perintis tumbuh kembangnya dunia pers di Jambi ternyata juga memiliki rekam jejak sebagai seorang seniman, hal itu terbukti dari Piagam penghargaan yang pernah diterimanya.

Piagam tersebut berasal dari panitia peringatan ulang tahun himpunan pemuda pelajar minang ke-IV daerah Jambi, pada 15 Maret 1965 sebagai Sutradara 'Anggun Nan Tongga Magek Djabang'.

"Saya juga tidak tau, namun ketika bongkar-bongkar dokumen dan koleksi peninggalan dari Almarhum, saya menemukan Piagam ini. Ternyata dia juga seoarang sutradara dimasa hidupnya," Ungkap Sakti Alam Watir, Anak Syamsul Watir kepada jambidaily.com (Senin, 10/09/2018).

Selain itu jambidaily.com (Senin, 23/07/2018), melansir bahwa saksi hidup Salah satu Seniman di Jambi yang sempat kenal dekat adalah Eri Argawan yang saat ini Giat berkecimpung di seni tari.

"Saya pertama kali mengenal Teater dari garapan Alm Syamsul Watir, seingat saya itu tahun antara tahun 1985-1986 dalam naskah Masyitoh," kata Ery Argawan mengenang masa lalu. 

(Hendry Noesae)

 


Berita Terkait:
Memorial 28 Tahun Tokoh Media Jambi, Eri Argawan: Syamsul Watir Buat Saya Kenal Teater

KOMENTAR DISQUS :

Top