Jumat, 21 September 2018 |
Wisata & Budaya

Merangin Gelar Pawai Obor HUT RI ke-73, Diawali Upacara TAPTU

Jumat, 17 Agustus 2018 12:34:08 wib

JAMBIDAILY MERANGIN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin pada Kamis malam (16/8), menggelar pawai obor memeriahkan peringatan HUT Republik Indonesia (RI) ke-73. Pawaiobor yang dilepas Pelaksanaharian (Plh) BupatiMerangin H Sibawaihi itu, mengambil star di depan Kantor Bupati Merangin.

Pawai yang berlangsung meriah tersebut, diikuti barisan Aparatur Sipil Negara (ASN), Pramuka, Pelajar, Polisi, TNI, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan sejumlah instansi serta organisasi kemasyarakatan lainnya.

Iring-iringan ratusan api obor yang terus berkobar melambangkan semangat perjuangan itu, mengambil rute dari depan kantor bupati Merangin, menuju ke arah simpang KONI Bumi Masurai Bangko, lalu menuru kejalur dua depan Gedung DPRD Merangin.

‘’Pawai obor ini merupakan agenda tahunan Pemkab Merangin yang digelar setiap malam tanggal 16 Agustus. Tujuan kita agar para generasi muda dan seluruh masyarakat, mengenang jasa perjuangan para leluhurnya, untuk merebut kemerdekaan,’’ujar Plh Bupati.

Tampak hadir pada acara itu, Forkopimda Merangin, para pejabat di jajaran Pemkab Merangin, para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan tidak ketinggalan sejumlah Veteran Kabupaten Merangin yang terlihat antusias mengikuti jalannya acara.

Sebelum pawai obor itu dilepas, dilakukan upacara TAPTU dalam rangka peringatan HUT RI ke-73 Kemerdekaan RI yang digelar di halaman depan Kantor Bupati Merangin. Tampil sebagai inspektur upacara Plh Bupati Merangin H Sibawaihi.

Usai menyampaikan pengarahannya, H Sibawaihi secara simbolis menyalakan api obor yang dibawa perwakilan dari masing-masing instansi dan organisasi kemasyarakatan. Menariknya, penyalaan api obor itu kemudian diikuti penyalaan api obor secara massal.

Suasana yang tadinyagelapgulita, kemudian berubah menjadi terang benderang dari cahaya api obor yang dibawa ratusan peserta tersebut. Apalagi ketika api obor itu mulai bergeser kejalan raya, sehingga malam itu Kota Bangko menjadi pemandangan yang menarik. (teguh/humas)

KOMENTAR DISQUS :

Top