Jumat, 19 Juli 2019 |
Nasional

Merangin Raih Nilai B Tingkat Nasional Atas Prestasinya Dalam Akuntabilitas Kinerja 2017

Selasa, 30 Januari 2018 05:08:29 wib

JAMBIDAILY MERANGIN - Kabupaten Merangin dibawah pimpinan Bupati H Al Haris dan Wabup H A Khafid Moein, berhasil meraih predikat nilai ‘B’ (baik) tingkat nasional, atas prestasinya dalam akuntabilitas kinerja 2017.

Penghargaan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI itu, kemarin (29/1) diserahkan Sekda H Sibawaihi kepada bupati.

‘’Pencapaian nilai ‘B’ ini dipandang Kemenpan RI sangat cepat, karena pada tahun sebelumnya 2015 nilai ‘C’, lalu pada 2016 meraih ‘CC’ dan pada 2017 kita sukses meraih predikat ‘B’,’’ujar Bupati.

Ditergetkan bupati pada 2018 Kabupaten Merangin atas dasar meningkatnya kinerja di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) jajaran Pemkab Merangin, bisa meraih predikat nilai ‘A’.

Sebelumnya pada Kamis (25/1) penghargaan tersebut, diterima Sekda Merangin H Sibawaihi langsung dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Dr Asman Abnur.

‘’Bagi daerah yang mendapat peringkat ‘A’ atau ‘B’, saya anggap dan nilai para kepala daerahnya telah berhasil dan sukses memimpin daerahnya sendiri,’’ujar Menpan dihadapan para kepala daerah yang menerima penghargaan tersebut.

Dijelaskan Sekda, penilaian yang dilakukan meliputi, implementasi dan pembangunan akuntabilitas kinerja dalam rangka mendorong terwujudnya pemerintahan yang berorientasi dan akuntabel.

"Program kerja Pemerintah dinilai mulai dari perencanaan hingga evaluasi kinerja aparatur. Seluruhnya dinilai, sehingga pada 2017 Kabupaten Merangin mengalami peningkatan prestasi, berhasil meraih nilai B,’’terang Sekda.

Kedepan Sekda akan mengoptimalkan kinerja OPD terkait, sebab kunci penilaian baik itu, tergantung dari OPD, sehingga harapan untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel bisa terlaksana.

Tampak hadir pada acara yang berlangsung meriah dan khidmat di Batam itu, Kepala Bappeda Merangin, Inspektur Merangin, Kabag Organisasi dan Kabag Humas Setda Merangin.(teguh/humas)

KOMENTAR DISQUS :

Top