Sabtu, 18 Januari 2020 |
Hukum

Merangin Terpilih Sebagai Kabupaten Paling Perduli HAM

Senin, 12 Desember 2016 21:19:35 wib
Bupati Merangin H Al Haris Dinilai peduli HAM dan persamaan Gender

JAMBIDAILY HUKUM-Kabupaten Merangin dibawah kepemimpinan Bupati H Al Haris dan Wabup  H A Khafid Meoin, terpilih menjadi kabupaten yang paling perduli terhadap Hak Azazi Manusia (HAM).

Terpilihnya Merangin sebagai kabupaten yang sangat perduli terhadap HAM, menurut Bupati Merangin H Al Haris, atas upaya pembinaan dan pengembangan Kabupaten Merangin yang diiringi dengan  keperdulian HAM.

"Menurut panitia, penilaian telah dilakukan beberapa bulan lalu ke Kabupaten Merangin secara sembunyi-sembunyi. Saya sendiri tidak tahu kapan jadwal tempatnya penilaian tersebut,’’ujar Bupati, Senin(12/12).

Bupati merasa bersyukur dan berterimakasih kepada para jajarannya, ternyata apa yang dilakukan dengan penuh keiklasan, ada pihak yang memperhatikannya, sehingga diraihnya anugeran kabupaten yang sangat perduli dengan HAM.

Untuk itu bupati minta kepada seluruh masyarakat Kabupaten Merangin agar selalu perduli terhadap HAM, dalam berbagai kegiatan dan aktivitas.
"Perduli HAM itu, nantinya juga bisa diberikan ke pembangunan tingkat kecamatan."

Penganugerahan dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) RI tersebut, diterima Sekda Merangin H Sibawaihi langsung dari Menkum HAM Yasonna H Laoly pada acara Peringatan HAM se-Denia ke-68 tahun 2016 di Gedung Negara Grahadi, Kota Surabaya, Kamis (08/12).

Sekda Merangin H Sibawaihi, menambahkan, diterimanya anugerah kabupaten yang perduli terhadap HAM tersebut, sangat mengharumkan nama Provinsi Jambi khususnya Kabupaten Merangin di tingkat nasional.

‘’Di Provinsi Jambi kita berada diurutan pertama. Makanya saat menerima anugerah ini saya sangat bangga sekali. Terimakasih Bapak Bupati dan jajaran yang telah sukses mengantarkan Merangin meraih anugerah ini,’’ujar Sekda.

Sementara itu Menkum HAM RI Yasonna H Laoly menjelaskan, penghargaan peduli HAM itu, selain merupakan salah satu bentuk apreseasi Kemenkum-HAM kepada daerah yang dinilai Peduli HAM, juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi seluruh pemerintah kabupaten/kota, agar mengimplementasikan dan mendukung Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM), Strategi Nasional Akses terhadap Keadilan.

‘’Kalau kita commit, masing masing daerah kabupaten/kota berusaha memenuhi aspek dan kriteria peduli HAM, tentu diharapkan daerah terus meraih prestasi, sambil terus meningkatkan pelayanan publik,”ujar Menkum HAM. (*)


Penulis    : Teguh (HMS)
Editor     :  Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top