Senin, 17 Februari 2020 |
Wisata & Budaya

Meriah, Peringatan HUT Jambi ke-60 di Merangin

Jumat, 06 Januari 2017 17:32:16 wib
Kemeriahan HUT Provinsi Jambi di Merangin

JAMBIDAILY BUDAYA-Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Jambi ke-60 di Kabupaten Merangin, Jumat (06/01/2017) berlangsung meriah dan spektakuler.

Acara difokuskan pada Upacara Bendera di halaman depan Kantor Bupati Merangin.

Tampil sebagai Inspektur pada upacara yang dihadiri Forkopimda Merangin tersebut, Wabup Merangin H A Khafid Moein. Pada kesempatan itu, Wabup membacakan sambutan Gubernur Jambi H Zumi Zola.

Dikatakan Wabup, tanggal 06 Januari 1957, memiliki makna tersendiri bagi masyarakat Jambi. ‘’Memasuki usia 60 tahun, pembangunan daerah Jambi telah mengalami kemajuan yang cukup pesat, bagi kesejahteraan masyarakat,’’ujar Wabup.

Perjalanan panjang untuk menjadikan Provinsi Jambi lanjut Wabup, diawali sejak penyatuan dan pembagian Provinsi Sumatera Tengah. Pembahasan alot, perjuangan demi perjuangan terus dilakukan para tokoh Jambi guna mewujudkan daerah otonom.

Perjuangan para tokoh Jambi itu, akhirnya melahirkan suatu tekad yang bulat, melalui kongres Badan Kongres Rakyat Djambi pada 06 Januari 1957. Kongres itu menetapkan dan mendeklarasikan Keresidenan Jambi, sebagai daerah otonom tingkat I.

Ini artinya Jambi sudah melepaskan diri dari Provinsi Sumatera Tengah dan menjadikan Jambi langsung berhubungan dengan Pemerintah Pusat. Artinya Otonom Jambi benar-benar terwujud.

’’Saya mengajak semua lapisan masyarakat mengintrospeksi dan mengevaluasi berbagai upaya dan usaha serta tahapan pembangunan yang telah dilaksanakan. Dari catatan pejalanan pembangunan selama 2016, Jambi banyak kemajuan,’’terang Wabup.

Secara bertahap tegas Wabup, berbagai program strategis telah mampu mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi daerah dan pertumbuhan sektor riil di Provinsi Jambi. Ekonomi Jambi tumbuh secara berkualitas.

Pada upacara yang diikuti ribuan pegawai negeri sipil di jajaran Pemkab Merangin itu, juga dibacakan Keputusan Pleno Badan Kongres Rakyat Djambi ke-5 di Jambi oleh Wakil Ketua DPRD Merangin H Fauzi.

Usai upacara Wabup dan Forkopimda membagikan hadiah kepada para pemenang Merangin Expo dalam rangka HUT Kabupaten Merangin ke-67. Terpilih sebagai juara umum Dinas PU Merangin, juara pertama Sekretarian Daerah Merangin.

Sedangkan juara kedua Bappeda Merangin, juara ketiga Satpol PP Merangin, harapan pertama Sekretariat DPRD Merangin, harapan dua Kantor Arsip Merangin dan juara harapan tiga BPMPD Merangin.(*)


Penulis   : Teguh (HMS)
Editor    :  Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top