Rabu, 21 November 2018 |
Kesehatan & Olahraga

Minum Air dari Botol Sebaiknya Jangan Langsung dari Mulut Botol, Kenapa?

Jumat, 15 Juni 2018 09:04:41 wib
copyright shutterstock.com

JAMBIDAILY KESEHATAN - Ketika kita dilanda rasa haus yang berlebih dan menemukan minuman dalam sebuah botol atau minuman kemasan, apa yang umum kita lakukan? Umumnya, kita akan segera minum air dari dalam botol secara langsung dengan menempelkan mulut kita ke mulut botol. Memang sih, hal ini bisa segera mengobati rasa dahaga yang melanda. Hanya saja, jangan biasakan untuk melakukan hal ini ya ladies. 

Minum langsung dari mulut botol adalah aktivitas yang dilarang Rasulullah SAW dan sangat baik jika hal ini dihindari atau ditinggalkan. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah di mana hadis ini hadis Mutafaq Alaihi dikatakan, "Rasulullah SAW melarang minum dari mulut siq'a atau qirbah."

Apa itu mulut siqa dan qirbah? Dilansir dari dream.co.id, siqa adalah wadah air yang mempunyai mulut sehingga bisa minum langsung dari wadah itu. Sedangkan qirbah adalah tempat air yang terbuat dari kulit. Dan di zaman sekarang, siqa dan qirbah dinilai memiliki kesamaan dengan botol minum. 

Lantas, kenapa kita dilarang minum langsung dari siqa, qirbah atau botol? Alasan pertama larangan ini adalah karena zaman dulu air di dalam qirbah tidak bisa dilihat mengingat qirbah terbuat dari kulit. Dikhawatirkan, di dalam qirbah ada ular atau hewan berbahaya lain sehingga minum air secara langsung bisa membahayakan. Tapi, jika botol saat ini tentunya lebih aman. 

Untuk alasan larangan kedua adalah dikhawatirkan air akan tumpah jika diminum langsung dari siqa, qirbah dan botol. Ini mengingat air di dalam wadah ini jumlahnya banyak sementara kebutuhan seseorang akan minuman ini tidak lebih banyak dari air di wadah. Ketika air tumpah, itu sama saja dengan menyia-nyiakan makanan atau minuman dan dianggap mubadzir. 

Sedangkan alasan ketiga kenapa dilarang minum langsung dari mulut botol adalah ludah peminum air bisa menempel di mulut botol. Ini dianggap jorok dan menjijikkan terutama bagi orang lain yang nantinya minum air dari botol atau wadah yang sama. 

Well ladies, mulai sekarang usahakan agar tidak minum air langsung dari mulut botol ya. Usahakan agar menyiapkan gelas dan minum air dari gelas. Semoga informasi ini bermanfaat. 

 

(vem/mim)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top