Kamis, 16 Agustus 2018 |
Kesehatan & Olahraga

Minum Air Lemon Dipercaya Bisa Menurunkan Berat Badan, Faktanya...

Sabtu, 10 Februari 2018 07:45:04 wib
copyright healthline.com

JAMBIDAILY KESEHATAN - Beberapa orang ramai menyebutkan bahwa air lemon bisa membantu menurunkan berat badan. Nutrisi yang terkandung di dalam air lemon dipercaya bisa membakar lemak dalam tubuh dan melancarkan program diet. Tapi, apakah benar jika air lemon bisa bantu menurunkan berat badan?

Dilansir dari laman prevention.com, seorang ahli nutrisi bernama Alissa Rumsey, R.D, yang juga juru bicara dari Academy of Nutritions and Dieteticsmengungkapkan jika  lemon yang dilarutkan dalam segelas air dingin maupun air panas tidak serta merta menyebabkan turunnya berat badan.

Alissa mengatakan, "Lemon yang dilarutkan di air panas sebenarnya tidak menyebabkan turun berat badan. Tapi, jika air lemon dipilih sebagai pengganti teh, kopi dan soda, maka jelas air lemon lebih baik dan lebih sehat."

Kandungan air putih yang diminum bersama lemon inilah yang berperan baik dalam menurunkan berat badan. Ahli diet Wesley Delbridge, R.D dari Academy of Nutrition & Dietetics dalam Women's Health Magazine mengungkapkan, "Minum air lemon di pagi hari adalah awal yang sehat karena rendah kalori. Ini juga membantu tubuh menghidrasi tubuh dengan baik. Di sini, bukan lemonnya yang banyak berperan tapi justru air putihnya. Selama ini, banyak orang lupa mencukupi kebutuhan air putihnya."

Meski lemon tidak sepenuhnya membantu menurunkan berat badan, lemon tetap memiliki segudang manfaat buat kesehatan. Vitamin C yang terkandung di dalamnya bermanfaat untuk kesehatan serta kecantikan kulit maupun rambut. Nutrisi pada lemon bermanfaat mencegah kembung dan memperlancar sistem pencernaan.

Anna Z. Feldman, M.D, seorang ahli endokrinologi di Joslin Diabetic Centermenjelaskan, "Lemon memiliki vitamin C yang kaya antioksidan. Vitamin C bisa membantu meningkatkan kolagen, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memperlancar sistem pencernaan. Ini juga bisa meredam rasa lapar. Namun, tidak ada yang menjelaskan bahwa lemon secara langsung bisa menurunkan berat badan."

Ketika kita ingin menurunkan berat badan, minum air lemon saja tidak cukup. Kita tetap penting untuk menerapkan pola hidup sehat, perbanyak konsumsi sayur dan buah, olahraga dan istirahat cukup. Meski minum air lemon tak secara langsung menurunkan berat badan, bukan berarti minum air lemon tidak baik. Air lemon justru sangat baik karena segudang manfaat buat kesehatan di dalamnya.

 

(vem/mim)vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top