Senin, 16 September 2019 |
Kesehatan & Olahraga

Minum Air Putih Hangat Saat Sahur untuk Dapatkan 6 Manfaat Sehat Ini

Minggu, 12 Mei 2019 18:04:45 wib

JAMBIDAILY RAMADHAN, Kesehatan - Minum air putih hangat terbukti punya banyak manfaat sehat. Saat sahur pun, minum air putih hangat baik bagi tubuh.

Kebanyakan orang suka minum secangkir kopi atau teh hangat setiap bangun tidur. Minuman ini dianggap mampu membuat tubuh lebih segar setelah tidur.

Memasuki bulan puasa, siklus makan pun turut berubah dengan jam sahur dan berbuka. Karenanya, minuman yang dikonsumsi pun harus disesuaikan agar memberikan manfaat bagi tubuh saat berpuasa.

Ketika minum air, biasanya air dingin lebih dipilih dibanding air hangat. Menurut pakar pengobatan Ayurvedic, hal ini keliru. Minum air hangat di pagi hari atau saat sahur secara rutin dapat memulihkan tubuh, menyediakan tenaga bagi pencernaan, dan mengurangi sisa metabolisme yang dapat menumpuk dalam sistem kekebalan tubuh.

"Dokter menyarankan untuk minum air putih hangat divpagi hari, biasanya, dengan perendaman lemon yang kaya pelifenol, atau dengan teh yang terbukti mengurangi aktivitas radikal bebas dalam tubuh," ujar Stella Metsovas, pakar ilmu pangan dan nutrisi, kepada Medical Daily. Berdasarkan hal tersebut, konsumsi air hangat pada saat sahur tentunya mampu meningkatkan ketahanan tubuh untuk menghadapi hari saat berpuasa.

Berikut enam manfaat lain yang dapat diperoleh dari minum air putih hangat di pagi hari, seperti dikutip dalam Medical Daily (6/5).

1. Membersihkan usus
Satu cangkir air hangat di pagi hari akan membantu tubuh untuk mengeluarkan racun. Air dan cairan lain dapat meleburkan makanan di perut dan menjaga siistem pencernaan tetap stabil. Air hangat bahkan mampu mempercepat dan memudahkan proses pencernaan. Sebaliknya, mengonsumsi air dingin sebelum atau sesudah makan dapat membekkan minyak pada makanan yang dikonsumsi dan menimbulkan penumpukan lemak.

2. Mencegah sembelit
ketika menjalani puasa, tentunya kondisi perut yang sehat sangat mendukung lancarnya beribadah. Meminum air hangat pada perut yang masih kosong dapat membantu meningkatkan kinerja gerak usus bagian bawah dan mencegah sembelit. Hal ini terjadi bersamaan dengan proses pencernaan yang menjadi lebih mudah dengan bantuan air hangat. Saat mengalami sembelit pun, air hangat membantu mengembalikan keadaan perut menjadi normal.

3. Mengurangi rasa sakit
Air hangat dianggap sebagai obat rumahan yang paling ampuh dan alami. Dengan suhu yang hangat cenderung panas, air dapat meringankan nyeri perut dan sakit kepala. Hal ini karena air hangat memiliki efek menenangkan pada perut sehingga mampu dengan cepat meredakan kream perut atau kejang otot.

4. Mengurangi berat berlebih
Saat dalam program diet, meminum segelas air hangat sebelum makan di pagi hari dapat membantu menurunkan berat badan. Hal serupa juga baik dilakukan saat kita berpuasa. Meski tidak makan selama setangah hari penuh, asupan makanan yang berlebih ketika buka dan sahur meningkatkan risiko kenaikan berat badan. Dengan meminum air putih hangat saat sahur, hal ini dapat Anda hindari. Air hangat akan menaikkan temperatur tubuh dan memungkinkan tubuh untuk membakar kalori.

5. Melancarkan sirkulasi darah
Ketika mengonsumsi air hangat, tumpukan lemak dalam tubuh luruh bersama dengan timbunan di sistem saraf. Reaksi ini mendorong keluar racun-racun yang tersebar di tubuh dan memperbaiki sirkulasi darah.

6. Mencegah penuaan dini
Penuaan dini merupakan hal yang sangat ditakuti oleh wanita. Untungnya, hal ini dapat dicegah dengan rutin meminum segelas air hangat. Keberadaan racun di tubuh dapat menyebabkan penuaan terjadi lebih cepat, namun air hangat dapat membuang racun tersebut dari dalam tubuh. Air hangat juga memperbaiki sel kulit dan meningkatkan kelenturan kulit. 

Agar dapat menikmati manfaat yang ada dalam air hangat, minumlah secangkir air hangat setiap sahur. Jika tidak terlalu menyukai rasanya yang hambar, Anda dapat menambahkan sedikit lemon. Pastikan bahwa air yang Anda minum tidak terlalu panas karena dapat merusak selaput mulut dan kerongkongan. Setelah merebus air, diamkan selama beberapa saat sebelum meminumnya.

 


(adr/adr)/health.detik.com

KOMENTAR DISQUS :

Top